Detail Buku
Book Chapter Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Tinggi
- ISBN
- 978-623-02-0531-6
- Pengarang
- Roeth AD Najoan
Mieke Mandagi
- Subyek
- PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI-KURIKULUM
- Penerbit
- Deepublish Publisher, Yogyakarta, 2020
- Klasifikasi
- 378.199
- Kolasi
- viii+228 hlm.; 14x20 cm.; Cet. I
- Jenis
- Umum
- Status
- Tersedia
Inovasi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan harus dimiliki atau dilakukan oleh guru. Hal ini disebabkan pembelajaran akan lebih hidup dan bermakna. Kemauan guru untuk mencoba, menemukan, menggali, dan mencari berbagai terobosan, pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran merupakan salah satu penunjang munculnya berbagai inovasi-inovasi baru. Active debate merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa. Model pembelajaran debat merupakan kegiatan adu pendapat atau argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perseorangan maupun berkelompok dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Debat aktif bisa menjadi sebuah model pembelajaran berharga yang dapat mendorong pemikiran dan perenungan terutama jika peserta didik bisa aktif mempertahankan pendapat yang bertentangan dengan keyakinan masing-masing. Hal ini merupakan strategi yang secara aktif melibatkan setiap siswa di dalam kelas. Pada model pembelajaran active debate, siswa juga dilatih mengutarakan pendapat atau pemikirannya dan bagaimana mempertahankan pendapatnya dengan alasan-alasan yang logis dapat dipertanggungjawabkan. Bukan berarti siswa diajak saling bermusuhan, melainkan siswa belajar bagaimana menghargai adanya perbedaan.