Strategi Produser Menerapkan “Jurnalisme Presisi” Dalam Produksi Dokumenter Televisi “Potret Indonesia” Edisi “Sisi Lain Ibu Kota-Kami Juga Anak Bangsa”
  1. Faradiba Al Lala
  2. STRATEGI PRODUSER DALAM DOKUMENTER TELEVISI
  3. STMM MMTC, Yogyakarta, 2015
  4. 704.9
  5. xiv+122 hlm.; 21x29 cm.; ilust.
  6. Karya Ilmiah
  7. Tersedia
Program Potret Indonesia edisi Sisi Lain Ibu Kota “Kami Juga Anak Bangsa” adalah sebuah karya dokumenter kontradiksi yang mengangkat topik tentang minimnya pendidikan untuk anak-anak jalanan dan pekerja anak di Jakarta, yang diakibatkan oleh korupsi di sektor pendidikan. Dokumenter ini mengungkap banyaknya temuan ICW atas kasus di sektor pendidikan yang dilakukan oleh oknum-oknum pendidikan sehingga berdampak pada sulitnya anak-anak jalanan mendapatkan pendidikan layak di Jakarta.  Kurangnya transparansi dan partisipasi publik dalam pengelolaan dana pendidikan, baik dari tingkat daerah hingga tingkat pusat mengakibatkan dana pendidikan seringkali tidak jelas pertanggungjawabannya. Terlebih lagi media belum sepenuhnya memberikan informasi yang sebesar-besarnya dalam mengontrol anggaran pemerintah khususnya dana pendidikan. Jurnalistik presisi dirasa mampu menjawab mencoba menjalankan peran media dalam mengawal kebijakan dan kontrol sosial di ranah pendidikan melalui informasi yang akurat dan mendidik.  Pendekatan jurnalistik presisi digunakan penulis karena berkaitan dengan metode ilmiah yang sistematis dan terencana. Penulis sebagai produser dalam skripsi penciptaan karya produksi ini berkaitan dengan dua hal tersebut, karena tugas produser adalah membuat program ataupun konten yang sistematis, terencana, edukatif, akurat serta berdampak. Karya produksi dokumenter ini berdurasi 20 menit. //yn