Detail Buku
Strategi Promotional Mix Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo Dalam Upaya Meningkatan Kunjungan Wisatawan
- ISBN
- Pengarang
- Baiq Zulhannaniah
- Subyek
- DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA DI KABUPATEN KULON PROGO
- Penerbit
- STMM MMTC, Yogyakarta, 2015
- Klasifikasi
- 353.70959827
- Kolasi
- xiii+67 hlm.; 21X29 cm.
- Jenis
- Karya Ilmiah
- Status
- Tersedia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promotional mix yang dilakukan oleh Dinas Budparpora Kulon Progo dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan Budparpora Kulon Progo dalam melakukan promosi pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yaitu dengan menerapkan stratregi bauran promosi (promotional mix) yaitu advertising menggunakan media promosi leaflet, brosur, calender event dan media online. Sales promotion mengajak melakukan berbagai kegiatan seperti jelajah wisata, outbond, bumi perkemahan (champing ground), towlifiets. Personal selling melalui travel dialog, pameran dan famtrip. Publicity yaitu membuat press release yang disebar melalui media cetak, elektronik dan online, konferensi pers, dan melakukan kerjasama dengan LPP TVRI. Promosi direct marketing melalui berbagai event yang dilaksanakan oleh Disbudparpora Kulon Progo. Adapun permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini masih belum maksimal walaupun sudah memenuhi standar promotional mix. Hal ini disebabkan karena masih banyaknya obyek wisata yang belum terpromosikan dengan baik. Keberadaan public relations yang khusus menangani permasalahan pariwisata belum tersedia di Dibudpapora Kulon Progo. //yn