Penerapan Algoritma A* Dalam Perancangan Game Mucu Defense
  1. Gani Prakoso
  2. GAME KOMPUTER
  3. STMM MMTC, Yogyakarta, 2017
  4. 005.5
  5. xv+82 hlm.; 21x30 cm.; illus.
  6. Karya Ilmiah
  7. Tersedia
Pathfinding memiliki beberapa jenis yaitu, Dijkstra, Floyd-Warshall, Best-First Search (BFS), Depht-First (DFS) dan A*.  Algoritma A* memiliki komputasi yang sederhana sehingga banyak digunakan dalam pembuatan game. Akan tetapi, Algoritma A* memiliki kekurangan yaitu menumbuhkan komputasi yang semakin lama jika area permainan (map) semakin luas dan rintangan semakin banyak. Algoritma A* adalah sebuah cara pencarian rute dengan memperhitungkan cost sebenarnya ditambah dengan cost perkiraan. A* dapat diimplementasikan pada sebuah objek yang ada sehingga dapat bergerak dengan mencari rute yang paling pendek. Mucu Defense merupakan sebuah game yang berhasil menerapkan algoritma A* pada proses pembuatannya. Algoritma A* ini diimplementasikan pada objek monster sehingga dapat bergerak secara otomatis menuju titik tujuan.//yn