Detail Buku

Strategi Customer Relationship Management “KIOS-K” Dalam Upaya Meningkatkan Layanan Prima Pada PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta

ISBN
Pengarang
Adin Noviana
Subyek
MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA-CUSTOMER RELATIONSHIP
Penerbit
STMM MMTC, Yogyakarta, 2019
Klasifikasi
658.812 387 7
Kolasi
xvii+98 hlm.; 21x29 cm.; illuss.
Jenis
Karya Ilmiah
Status
Tersedia

Penelitian dalam skripsi ini adaah untuk menganalisis Strategi Customer Relationship Management dari layanan Kios-K dalam upaya meningkatkan Pelayanan Prima PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisutjipto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang diarahkan kepada fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat sesuai yang terjadi di lapangan kemudian dianalisis kebenarannya berdasarkan data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pengguna jasa Bandara, Staf Customer Service dan Staf Communications and Legal Section PT Angkasa Pura I Yogyakarta. Teknik analisa data dalam penelitian ini melalui tahap reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan verisikasi. Hasil analisis deskriptif diperoleh adanya tahap-tahap dalam strategi customer relationship management yang dilaksanakan oleh PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisutjipto yaitu: (1) Continuity marketing, (2) One to One Marketing, dan (3) Partnering Programs. Pengguna Jasa Bandara merasa puas dengan strategi customer relationship management layanan "Kios-K" yang dilaksanakan sesuai dengan indikator menurut Keputusan Menteri RI No. 66/KEP/M.PAN/7/2003 terkait standar pelayanan prima kepada publik. Adanya keberhasilan  dari program-program strategi customer relationship management yang telah dilaksanakan, dan dapat diterima dengan baik oleh pengguna jasa bandara sehingga layanan prima tercapai.//yn

Berita Terbaru