Buku

Pesan Moral Dalam Lagu RAP (Analisis Semiotik Lirik Lagu “Sedulur” Karya Jogja Hip Hop Foundation)

Jogja Hip Hop Foundations merupakan kumpulan para rapperJogja yang membentuk suatu komunitas Hip Hop. Pada lagu "Sedulur", Jogja Hip Hop Foundation menyajikan sebuah lagu rap dengan nada lirik berbahasa Jawa yang bertemakan moral dalam kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang pesan moral yang ingin disampaikan oleh Jogja Hip Hop Foundation melalui lirik lagu "Sedulur". Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori semiotika dari pemikiran Ferdinand de Saussure. Dari hasil penelitian ini ditemukan pesan/makna dalam lirik lagu "Sedulur" yaitu tiga katagori pesan moral yang terkandung dalam lirik lagu "Sedulur" yaitu 1) Hubungan manusia sebagai makhluk individu yang memiliki kepribadian masing-masing yang memuat pesan mengingatkan pribadi manusia untuk saling menyayangi kepada sesama karena persaudaraan dan nilai kebersamaan dalam hidup. 2) Hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial. Pada katagori pesan moral ini ditemukan pesan-pesan yang berkaitan dengan hubungan antar individu atau pesan moral sosial. Pesan-pesan tersebut antara lain mengenai persatuan, kesatuan, persaudaraan, serta ajakan untuk hidup damai, rukun, dan hidup berkasih sayang kepada saudara. 3) Hubungan manusia dengan Tuhan, memuat pesan untuk mengingatkan manusia agar tidak melupakan fitrah Tuhan yang diberikan kepada manusia yaitu mengenai keberagaman dalam perbedaan.//yn

Oleh Dennis Penta Wijaya

Persepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas Website Pendaftaran Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Multi Media

Dalam sektor pendidikan website dapat dijadikan sebagai media pembelajaran digital, namun juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menunjang segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan akademis kampus, seperti pada website Pendaftaran Mahasiswa baru yang dibuat oleh kampus Sekolah Tinggi Multi Media guna mempermudah proses pendaftaran calon mahasiswa baru secara online agar lebih efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kualitas website Pendaftaran Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Multi Media menggunakan metode Webqual 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan lima informan yang merupakan mahasiswa Program Studi Manajemen Informasi dan Komunikasi Semester 1 di Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta. Hasil Penelitian menjelaskan bahwa persepsi mahasiswa terhadap usability website PMB mudah untuk digunakan. Kualitas informasi telah cukup menyediakan informasi yang berkualitas dan juga relevan. Namun kualitas interaksi layanan yang disediakan website PMB juga dinilai kurang baik. Analisis penelitian dinilai dari dimensi usability, kualitas informasi dan kualitas interaksi. Dimensi tersebut digunakan untuk mengetahui kualitas website PMB online berdasarkan Webqual 4.0. Simpulan dari penelitian ini ialah dari persepsi mahasiswa terhadap usability cukup mudah digunakan, kualitas informasi cukup berkualitas, dan kualitas interaksi belum cukup interaktif.//yn

Oleh Agustian Angki Prabowo

Strategi Kreatif Iklan Pada Media Luar Ruang Pitpaganda Yogyakarta

Penelitian ini membahas mengenai strategi kreatif iklan Pitpaganda pada media luar ruangnya. Seiring dengan meningkatnya minat dalam dunia iklan luar ruangan telah memberikan efek negatif, yaitu sampah visual. Permasalahan ini di respon baik oleh Pitpaganda yang memberikan pilihan alternatif dalam beriklan iklan luar ruang, khususnya di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif iklan pada penerapannya di media luar ruang dilihat dari kegiatan iklan yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh melalui ketua dan pelerja serta klien pengiklan yang menggunakan jasa biro iklan Pitpaganda Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kreatif iklan yang dilakukan Pitpaganda Yogyakarta menggunakan metode positioning, unique selling proposition, target audiens, dan appeals. Semua metode tersebut diterapkan pada media luar ruang melalui aspek ukuran dan dominasi, warna dan gambar, pesan-pesan singkat, zoning dan efek yang mencolok.//yn

Oleh Muhammad Hamzah Adany

Analisis Semiotika Iklan Politik Terhadap Citra Diri Prabowo Subianto Pada Pemilu 2019

Kompetisi politik dalam pemilu tahun 2019 mengharuskan seluruh peserta pemilu bekerja keras untuk meraih kemenangan sehingga beragam cara ditempuh, salah satunya menayangkan iklan politik di stasiun televisi. Prabowo Subianto merupakan salah satu kandidat politik yang menggunakan jasa iklan dengan tema mensejahterakan masyarakat kalangan bawah dan mempersatukan perbedaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode studi pustaka, observasi, dan dokumentasi dengan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu Prabowo Subianto adalah tokoh Citra yang ditampilkan dalam iklan politik. Prabowo Subianto menggambarkan dengan jelas sosok Prabowo Subianto yang memprioritaskan dan merangkul masyarakat golongan ekonomi lemah, yang terdiri dari petani, nelayan, pelaku UMKM, buruh dan pengangguran. Dan sosok  yang sangat menjunjung tinggi pluralitas bagi bangsa Indonesia  dekat dengan rakyat, mau berbaur dan melihat kondisi rakyat. Prabowo Subianto adalah seorang pemimpin dan pengayom yang bijaksana, mengakui berbagai perbedaan dalam masyarakat Indonesia, tidak memihak pada golongan tertentu, peduli dengan kondisi perekonomian di Indonesia.//yn

Oleh Nurman Hafizd Mahendra

Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Menarik Minat Pengunjung (Studi Deskriptif Kualitatif pada Agrowisata PT Madu Baru Madukismo Yogyakarta)

Yogyakarta merupakan kota yang dikenal dengan kota wisatawan. Berbagai jenis wisata ditawarkan oleh para pelaku usaha di kota ini. Tingginya usaha di bidang wisata, akan sangat mempengaruhi angka persaingan antar pengusaha wisata. Oleh sebab itu harus mampu memberikan pengalaman yang menarik, juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting lainnya. Seperti lokasi, pelayanan, termasuk bagaimana strategi pelayanannya. Pihak pengusaha wisata dituntut untuk dapat mempengaruhi pengunjung memilih dan memutuskan untuk berkunjung. Kerena, minat memilih merupakan salah satu bagian dalam perilaku pengunjung atau konsumen sebelum keputusan pembelian dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dalam menarik minat pengunjung. data diperoleh melalui tim agrowisata Madukismo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan pada PT Madubaru dalam menarik minat pengunjung terdiri dari kegiatan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, informasi mjlud ke mulut (wold of mouth), dan kegiatan periklanan. Dari beberpa strategi komunikasi pemasaran tersebut yang dinilai efektif dalam menarik minat pengunjung adalah informasi mulut ke mulut (word of mouth). Sementara strategi yang lain kurang efektif dalam menarik minar pengunjung.//yn

Oleh Intan Martha Pertiwi

Berita Terbaru