Buku

Ensiklopedia Indonesia Provinsi Sumatera Utara

Indonesia merupakan negara yang kaya, dilihat dari sosial budayanya (suku bangsa, Bahasa daerah, adat istiadat, dan lainnya) maupun dilihat dari sumber daya alam yang dimilikinya (panorama alam yang indah, hutan satwa, barang tambang, dan lainnya). Buku ini memberikan gambaran dan wawasan kepada pembaca untuk lebih tahu dan mengenal kekayaan Bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan karena merupakan warisan leluhur. Sumatra Utara merupakansebuah provinsi di negara Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra bagian utara, tepatnya di sebelah selatan Provinsi Aceh dan berbatasan langsung dengan provinsi tersebut. Ibukota dari provinsi ini adalah Medan. Luas wilayah Provinsi Sumatra Utara mencapai 72.981,23 km2 atau 3,72% dari luas wilayah Republik Indonesia dan memiliki 162 pulau, yaitu 6 pulau di Pantai Barat. Buku ini tentunya bermanfaat bagi kita semua dan semakin menambah wawasan serta pengetahuan kita terhadap negara Indonesia, sehingga kita semakin mencintai negara ini.

Oleh Kusnadi Wasrie

Ensiklopedia Indonesia Provinsi Sumatera Selatan

Indonesia merupakan negara yang kaya, dilihat dari sosial budayanya (suku bangsa, Bahasa daerah, adat istiadat, dan lainnya) maupun dilihat dari sumber daya alam yang dimilikinya (panorama alam yang indah, hutan satwa, barang tambang, dan lainnya). Buku ini memberikan gambaran dan wawasan kepada pembaca untuk lebih tahu dan mengenal kekayaan Bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan karena merupakan warisan leluhur. Sumatra Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal akan kekayaan sumber daya alamnya, antara lain minyak bu,i, gas alam, dan batu bara. Provinsi Sumatra Selatan sejak dahulu dikenal dengan sebutan Bumi Sriwijaya. Pada abad ke-7 hingga abad ke-12 Masehi, wilayah Provinsi Sumatra Selatan merupakan pusat peradaban Kerajaan Sriwijaya yang dikenal sebagai kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara, gaung dan pengaruhnya bahkan sampai ke Madagaskar di Benua Afrika. Sejak abad ke-13 sampai abad ke-14, wilayah ini berada di bawah kekuasaan Majapahit. Selanjutnya wilayah ini pernah menjadi daerah tak bertuan dan bersarangnya bajak laut dari mancanegara terutama dari Tiongkok. Pada awal abad ke-15, berdirinya Kesultanan Palembang yang berkuasa sampai datangnya Kolonialisme Barat lalu disusul oleh Jepang. Ketika masih berjaya, Kerajaan Sriwijaya juga menjadikan Palembang sebagai Kota Kerajaan. Menurut Prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan pada 1926 menyebutkan bahwa pemukiman yang bernama Sriwijaya itu didirikan pada tanggal 17 Juni 683 Masehi. Tanggal tersebut kemudian menjadi hari jadi Kota Palembang yang diperingati setiap tahunnya. Buku ini tentunya bermanfaat bagi kita semua dan semakin menambah wawasan serta pengetahuan kita terhadap negara Indonesia, sehingga kita semakin mencintai negara ini.

Oleh Kusnadi Wasrie

Ensiklopedia Indonesia Provinsi Sumatra Barat

Indonesia merupakan negara yang kaya, dilihat dari sosial budayanya (suku bangsa, Bahasa daerah, adat istiadat, dan lainnya) maupun dilihat dari sumber daya alam yang dimilikinya (panorama alam yang indah, hutan satwa, barang tambang, dan lainnya). Buku ini memberikan gambaran dan wawasan kepada pembaca untuk lebih tahu dan mengenal kekayaan Bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan karena merupakan warisan leluhur. Sumatra Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatra Barat saat ini. Sumatra Barat merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra bagian barat dengan Padang sebagai ibukotanya. Sesuai dengan namanya, wilayah provinsi ini menempati sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, di sepanjang timur berjajar dataran tinggi Bukit Barisan, dan sejumlah pulau di lepas pantainya, seperti kepulauan Mentawai. Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.297,30 km2 ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatra Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu. Buku ini tentunya bermanfaat bagi kita semua dan semakin menambah wawasan serta pengetahuan kita terhadap negara Indonesia, sehingga kita semakin mencintai negara ini.


Oleh Kusnadi Wasrie

Ensiklopedia Indonesia Provinsi Sulawesi Utara

Indonesia merupakan negara yang kaya, dilihat dari sosial budayanya (suku bangsa, Bahasa daerah, adat istiadat, dan lainnya) maupun dilihat dari sumber daya alam yang dimilikinya (panorama alam yang indah, hutan satwa, barang tambang, dan lainnya). Buku ini memberikan gambaran dan wawasan kepada pembaca untuk lebih tahu dan mengenal kekayaan Bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan karena merupakan warisan leluhur. Sulawesi Utara atau Sulut berbatasan dengan Laut Maluku dan Samudera Pasifik di sebelah timur, Laut Maluku dan Teluk Tomini di sebelah selatan, Laut Sulawesi dan provinsi Gorontalo di sebelah barat, dan provinsi Davao del Sur (Filipina) di sebelah utara. Secara fisiografis, wilayah Provinsi Silawesi Utara dapat dikelompokkan dalam dua zona: zonz selatan dan zona utara. Dataran rendah dan dataran tinggi pada bagian selatan (dari Bolaang hingga Minahasa Utara) memiliki tanah yang cukup subur. Pada bagian utara ( dari Pulau Miangas, Sangihe, hingga Pulau Siau) kepulauan. Terbentang rangkaian pengunungan berapi, yaitu: di Minahasa Tenggara terdapat Gunung Soputan, di Kota Tomohon terdapat gunung Lokon, di Pulau Siau terdapat gunung Karangetan, sedangkan di Minahasa Utara terdapat gunung tertinggi yaitu Gunung Klabat di Kota Airmadidi, namun gunung tersebut sudah lama tidak aktif, di puncaknyaterdapat danau. Secara hidrografi, dua sungai terpenting di Sulawesi Utara adalah Sungai Tondano, Sungai Poigar dan Sungai Ranoyapo. Sungai Tondano memiliki hulu di Danau Tondano di daerah Minahasa, dan mengalir melalui tengah kota Manado. Sungai Ranoyapo memiliki hulu di Pegunungan Wulu Mahatus di daerah Minahasa Selatan, dan mengalir melalui sebagian daerah di Minahasa Selatan bermuara di Kota Amurang. Buku ini tentunya bermanfaat bagi kita semua dan semakin menambah wawasan serta pengetahuan kita terhadap negara Indonesia, sehingga kita semakin mencintai negara ini.

Oleh Kusnadi Wasrie

Ensiklopedia Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara

Indonesia merupakan negara yang kaya, dilihat dari sosial budayanya (suku bangsa, Bahasa daerah, adat istiadat, dan lainnya) maupun dilihat dari sumber daya alam yang dimilikinya (panorama alam yang indah, hutan satwa, barang tambang, dan lainnya). Buku ini memberikan gambaran dan wawasan kepada pembaca untuk lebih tahu dan mengenal kekayaan Bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan karena merupakan warisan leluhur. Sulawesi Tenggara adalah namasebuah Provinsi yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Provinsi ini berada di Pulau Sulawesi, tepatnya terletak di bagian tenggara Pulau Sulawesi.Secara orientatif Provinsi Sulawesi Tenggara berada pada bagian tenggara/ kaki kanan bawah dari Pulau Sulawesi. Provinsi yang berbatasan langsung adalah Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Sulawesi Selatan. Sulawesi Tenggara merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tenggara Pulau Sulawesi dengan ibukota Kendari. Buku ini tentunya bermanfaat bagi kita semua dan semakin menambah wawasan serta pengetahuan kita terhadap negara Indonesia, sehingga kita semakin mencintai negara ini.
 

Oleh Kusnadi Wasrie

Berita Terbaru