Buku

Pemanfaatan Media Komunikasi Sebagai Strategi Diseminasi Informasi Humas Dalam Sosialisasi Sleman Smart Regency (Studi Deskriptif pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman)

Sebuah diseminasi informasi sangatlah berpengaruh pada berhasilnya atau tidaknya sebuah program. Penyebaran sebuah informasi menjadi penentu awal penggerak sebuah program. Karena jika informasi tidak tersampaikan kepada pihak-pihak terkait maka program tersebut tidak akan berjalan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah strategi diseminasi informasi yang memanfaatkan media komunikasi sebagai salah satu roda penggeraknya. Media komunikasi ini memiliki tiga jenis dalam pemanfaatannya, yaitu (1) Media Massa Konvensional, (2) "Media" interpersonal, dan (3) Media Hibrida atau Internet. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman menjadi salah satu instansi yang memanfaatkan media-media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pemanfaatan media komunikasi sebagai strategi diseminasi informasi humas dalam sosialisasi Sleman Smart Regency pada Dinas Komunikasi dan Informatika dari Cees Leeuwis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan media komunikasi sebagai strategi diseminasi informasi humas yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman mampu menjalankan proses sosialisasi Sleman Smart Regency dengan baik.//yn

Oleh Hasibuan, Suti Fajar Perjuangan

Propaganda Politik Calon Presiden Republik Indonesia Tahun 2019 (Analisa Isi Harian Kompas Periode 13 Januari-13 April 2019)

Pemilihan umum di negara demokrasi mengharuskan siapa saja yang maju mencalonkan diri menjadi Presiden harus memenangkan suara dengan jumlah terbanyak. Propaganda merupakan salah satu cara yang efektif untuk meraih suara rakyat. Propaganda yang dilakukan oleh calon Presiden dapat ditemui di berbagai media, salah satunya media cetak. Media cetak merupakan pilar ke-4 demokrasi yang memiliki tanggung jawab yang amat besar sesuai dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Menurut Undang-undang tersebut, media harus menyajikan berita sesuai dengan tanggung jawabnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah ada propaganda putih pada pemberitaan calon Presiden Republik Indonesia di Harian Kompas pada perode 13 Januari-13 April 2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi selama periode tersebut. Penelitian ini terwujud dengan menggunakan 3 katagorisasi yaitu propaganda putih, propaganda hitam, dan netral, serta menggunakan lima unit analisis yaitu tekstual, visual, statement, judul berita dan isi berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penelitian analisis statistik diperoleh x2 (chi square) bernilai 2,25. Nilai tersebut lebih kecil daripada nilai kritsis x2 9,48 (pada derajad kebebasan 5%). Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho (Ada Propaganda Putih pada Pemberitaan calon Presiden RI di Harian Kompas pada Periode 13 Januari-13 April 2019) diterima  dan Ha (Tidak ada Propaganda Putih pada pemberitaan calon Presiden RI di Harian Kompas pada periode 13 Januari-13 April 2019) ditolak. Artinya, ada propaganda putih pada pemveritaan calon Presiden di media Harian Kompas pada perode 13 Januari-13 April 2019.//yn

Oleh Arinditya Faratu Indira

Program CSR Inkubator Bisnis Anak Berkebutuhan Khusus sebagai Strategi Peningkatan Citra PT Pupuk Kalimantan Timur

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program Inkubator Bisnis Anak Berkebutuhan Khusus yang dijalankan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur sehingga dapat dijadikan strategi peningkatan citra perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori komunikasi mengenai Corporate Social Responsibility, Community Development dan Citra. Fokus penelitian karya tulis ini adalah Program Inkubator Bisnis (INBIS) Anakak Berkebutuhan Khusus, dengan nama INBIS Permata Bunda yang dibina oleh PT Pupuk Kalimantan Timur di Kelurahan Api-api, Bontang Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan latar natural setting. Subjek yang akan diambil dalam penelitian ini adalah pihak internal perusahaan yang terkait dengan program CSR pemberdayaan anak berkebutuhan khusus yang dilakukan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumenter dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Metode Miles dan Huberman dan dikonfirmasi dengan metode triangulasi. Analisis terhadap data dilakukan untuk membuat kesimpulan dalam menggambarkan kesan, tingkat kepercayaan, dan sikap masyarakat terhadap PT Pupuk Kalimantan Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Inkubator Bisnis Anak Berkebutuhan Khusus dapat membangun citra perusahaan dengan baik. Hal ini Karena baik dari kesan, kepercayaan dan sikap yang terbentuk di Kelurahan Api-api, warga Gang Aren, dan manajerial Inkubator Bisnis Anak Berkebutuhan Khusus menunjukkan kesan positif terhadap program CSR ini. Citra positif yang tercipta juga didukung oleh hasil survei kepuasan lingkungan 2018 yang memberikan hasil pembobotan sangat luas.//yn

Oleh Peni Lasti Hapsari

Implementasi Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman

Dalam administrasi negara, pelayanan publik merupakan segala kegiatan layanan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah sebagai pemenuhan kebutuhan segala unsur negara seperti masyarakat, lembaga pemerintah, dan badan hukum sebagai pelaksana ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Semua kegiatan tersebut harus terbuka untuk semua warga negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pelayanan publik yang ada di kantor Kecamatan Minggir. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan dalam mengumumkan informasi publik di Kantor Kecamatan Minggir adalah dengan menggunakan brosur, spanduk, dan melalui sosialisasi ke masyarakat. Dalam pengumuman informasi publik juga berpedoman pada peraturan Pemerintah Kabupaten Sleman. Penyediaan informasi publik berpedoman pada jangka waktu yang ditetapkan pemerintah agar dapat tepat waktu dalam pemberian informasi kepada masyarakat. Dalam pelayanan permohonan informasi petugas kecamatan akan meminta kejelasan informasi apa yang diminta masyarakat. Selain itu, untuk bukti dari adanya permohonan informasi, pihak kecamatan memberikan surat keterangan. Pengelolaan dari informasi dan dokumentasi dilakukan dengan cara pengarsipan serta penyimpanan fisik surat-surat yang berasal dari masyarakat maupun dari instansi pemerintah. Tujuan diarsipkan adalah agar nanti jika informasi tersebut diperlukan tidak harus mengulang permohonan dari awal lagi. Selain itu petugas memberikan pelayanan yang tepat dan sesuai dengan permintaan informasi dari masyarakat.//yn

Oleh Desvian Agasta

Analisis Pesan Kreatif Iklan Tiket.com Berdasarkan Model Hirarki Dampak (Studi Deskriptif Kualitatif Pengguna Tiket.com Pada Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta)

Iklan merupakan salah satu komponen penting dalam bauran promosi pada sebuah strategi komunikasi pemasaran. Pesan kreatif pada iklan menjadi tolak ukur daya tarik sebuah iklan yang dapat menciptakan respon positif konsumen dan merubah perilaku konsumen pada keputusan pembelian. Meningkatnya kebutuhan bepergian secara mudah dan praktis membjuat tiket.com harus bersaing cukup ketat deangan platform penyedia informasi serta layanan pemesanan tiket lainnya. Iklan menjadi garda terdepan bagi tiket.com untuk dapat mengukur respon konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana konsumen tiket.com merespon produknya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui analisis terhadap iklan yang kemudian direspon oleh informan yang bersangkutan. Pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat unsur pesan kreatif pada iklan tiket.com antara lain 1) Bintang iklan atau Endorser, 2) Pendekatan terhadap unsur humor atau humor appeals, 3) Pesan yang menarik rasa takut dan memicu rasa bersalah atau fear dan guilt appeals, 4) Pesan bawah sadar atau subliminial message, 5) Peran musik atau music role. Indikator pesan kreatif tersebut dapat ditemukan pada iklan tiket.com dan repon konsumen berdasarkan model hirarki dampak terhadap iklan cukup positif karena sebagian besar telah melewati tahap afeksi terhadap produk.//yn

Oleh Shulby Rosa Halizah

Berita Terbaru