Buku

Game Platformer Sebagai Salah Satu Upaya Mengenalkan Monyet Endemik Surili

Surili (Presbytis comata) merupakan spesies monyet yang dapat ditemukan di daerah Jawa Barat dan juga di area Gunung Slamet, Jawa Tengah. Saat ini Surili ditetapkan sebagi hewan yang dilindungi oleh Undang-Undang No.5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya dan terdaftar dalah Red Data Book IUCN. Pada saat ini, Surili dapat ditemukan di Cagar Alam Situ Patengan yang menjadi salah satu habitat surili saat ini, denga jumlah 39 ekor. Dalam upaya untuk mengenalkan surili, maka penulis membuat Game “Aji’s Runaway” sebagai sebuah media untuk mengenalkan surili sebagai satwa langka yang berasal dari Jawa Barat kepada pemainnya dengan cara merancang game “Aji’s Runaway” sebagai game platformer 3 dimensi.//ir

Oleh Muhammad Prasetyo Hendrawan

Perancangan Game Casual "Kerik Crunchy" Sebagai Media Pengenalan Kerupuk Ikan Kakap

Kerupuk ikan adalah makanan kering yang dibuat tepung pati dengan daging kan dengan penambahan bahan-bahan lainnya dan bahan tambahan makanan yang diijinkan. Kerupuk ikan kakap seperti kerupuk ikan pada umumnya yang memiliki karakterisrik unik serta memiliki tekstur sisik sehingga memberikan rasa dan aroma khas. Seiring dengan berjalannya waktu, kerupuk ikan kakap kian terpinggirkan dari masyarakat. Padahal, kerupuk ikan kakap memiliki cita rasa yang gurih dan enak untuk digunakan pendamping makanan. Game dapat digunakan untuk mengangkat dan memperkenalkan kerupuk ikan kakap, tetapi game bergenre ini belum tersedia. Oleh sebab itu, pembuatan Game “KERIK Crunchy” digunakan sebagai salah satu alternatif guna bertujuan penciptaan dalam skripsi ini. Game ini dibuat dengan tahapan penciptaan yang berupa praproduksi, produksi, dan pascaproduksi; berupa game 2D casual dengan genre catch item. Pemain memainkan dengan menggunakan keranjang guna menangkap item jatuh dari atas. Kontrol gerakannya menggunakan tombol kiri dan kanan pada perangkat smartphone Android. Dari hasil survey validasi, responden menilai game ini dapat digunakan untuk mengenalkan kerupuk kulit ikan Kakap dengan cara yang lebih interaktif. Game ini dapat menjadi sebuah game edukasi yang bisa dimainkan dan dibawa oleh setiap pemainnya kapan saja dan dimana saja serta dapat dimainkan segala umur dengan gameplay simpel. Sehingga tujuan mengenalkan kerupuk ikan Kakap dapat terlaksana dengan baik.//ir

Oleh Irfan Aldin Alifian

Perancangan Game 2D Side Scrolling "Serangan Gerilya" dalam Pembelajaran Sejarah

Pada karya penciptaan yang berjudul Penciptaan Game 2D Side ScrollingSerangan Gerilya” ini dilatarbelakangi karena generasi saat ini tidak terlalu mengingat peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi sesudah kemerdekaan Republik Indonesia. Game ini ditujukan sebagai media edukasi atau pembelajaran untuk mengingatkan masyarakat khususnya para remaja tentang peristiwa bersejarah di masa lampau ketika Rakyat Indonesia berjuang mati-matian untuk mempertahankan kemerdekaan dengan berbagai cara. Salah satunya melakukan serangan secara sembunyi-sembunyi. Maka dari itu dibuatlah game Serangan Gerilya Game ini bergenre 2D Side Scrolling yang ditujukan sebagai media edukasi atau pembelajaran untuk mengingatkan masyarakat khususnya para remaja. Hal ini di buktikan dengan hasil penelitian game edukasi yang berjudul “Game Edukasi untuk Pembelajaran Sejarah Kemerdekaan Indonesia” pada tahun 2013 bahwa sebanyak 86,25% siswa memperoleh tambahan ilmu pengetahuan setelah bermain game dan didukung oleh pernyataan guru bersangkutan yang menyatakan bahwa game ini dapat membantu siswa dalam mempelajari sejarah kemerdekaan Indonesia. Terdapat 3 level dan disetiap level mempunyai latar tempat, waktu, suasana yang berbeda. Pada level 1 berlatar tempat di Tugu pada siang hari, pada level 2 berlatar tempat di Benteng Vredeburg pada sore hari, pada level 3 berlatar tempat di Bank Indonesia pada malam hari. Rintangan akan semakin sulit seiring dengan bertambahnya setiap stage. Kemudian produksi dilanjutkan dengan pembuatan asset visual dan audio. Lalu pada pasca produksi dilakukan edittingasset sehingga siap digunakan. Setelah semua asset siap, dilanjutkan programming sehingga gamenya bias dimainkan. Kesimpulan dari game Serangan Gerilya yaitu game ini merupakan game kategori side scrolling yang memiliki latar belakang sejarah serangan umum 1 Maret yang terjadi di Yogyakarta. Aturan permainannya harus menyelesaikan misi dengan cara melewati setiap stage dan obstacle tanpa terbunuh. Game ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan player untuk dapat berpikir secara kritis dalam memainkannya, sehingga tidak semata-mata hanya bermain.//ir

Oleh Finsa Yanuar Firdaus

Pembuatan Game Kasual "Juragan Sapi' Sebagai Edukasi Beternak Sapi dan Pengolahan Susu

Seiring dengan berkembangnya zaman, pengusaha peternakan sapi kian menurun. Padahal bisnis peternakan sapi masih sangat menguntungkan dan berprospek tinggi dikarenakan tingginya kebutuhan susu di Indonesia baik untuk diminum langsung ataupun menjadi bahan olahan. Game yang mengangkat tentang susu dan peternakan sapi pun masih jarang ditemui. Oleh karena itu, pembuatan game “Juragan Sapi” ditujukan sebagai media untuk mengedukasi pengolahan susu dan beternak sapi sehingga dapat memicu minat beternak pada pemain. Proses penciptaan game ini dilakukan melalui 3 tahap, yaitu praproduksi, produksi, dan pasca produksi. Game ini dibuat dengan style gambar 2D kartun dan memiliki genre casual strategy management game. Pada game ini pemain disuguhi permainan memanajemen dan mengolah bisnis peternakan dengan cara yang menyenangkan. Pemain dapat mengelola bisnis peternakan dari yang menjual susu segar hingga peternakan maju yang menghasilkan susu pasteurisasi dan keju. Kontrol gerakan pada game ini menggunakan sistem tap di perangkat smartphone Android, yaitu dengan menyentuh objek yang ingin digunakan. Dari tahap validasi karya, diketahui bahwa game ini dapat digunakan sebagai media edukasi peternakan sapi dan pengolahan susu yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Game ini menjadi game edukasi yang dapat dimainkan siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.//ir

Oleh Rizky Kharisma Nurhidayat Eka Putra

Perancangan Game "Pasaria" Sebagai Media Pengenalan Jajanan Pasar

Konsep dari game pasaria ini adalah menyamakan 3 tipe jajanan pasar pada dasarnya, di dalam game inin, penulis membuat jajanan pasar sebagai asset game. Pemain dapat menyelesaikan game ini dengan cara mendapatkan skor sesuai target yang telah ditentukan dengan batasan Langkah tertentu pada setiap levelnya. Ada 5 jenis jajanan pasar yang terdapat didalam game ini, yaitu Gatot, Tiwul, Jenang, Jadah Tempe, dan Gethuk.//ir

Oleh Adelvino Asyraf Farel

Berita Terbaru