Buku

Literasi Digital Keluarga Teori dan Praktik Pendampingan Orangtua Terhadap Anak dalam Berinternet

Abstraksi

Buku ini mendiskusikan pentingnya pendampingan orangtua dalam praktik literasi digital di rumah. Isu ini relevan karena keluarga urban dewasa ini telah memperkenalkan internet pada anak sejak usia dini. Buku ini memberikan argumentasi bahwa orangtua idealnya memiliki dan meningkatkan kecakapan literasi digital agar bisa menjadi agen literasi yang bijak dalam keluarga. Posisi orangtua di sini tidak hanya berkaitan dengan posisi ibu saja, yang sering dianggap sebagai pendidik utama keluarga, namun juga posisi ayah serta anggota keluarga lain. Secara praktis, buku ini mengisi kekosongan pustaka literasi digital yang memadukan pendekatan teoretis maupun praktis pada pola pendampingan orangtua terhadap anak dalam penggunaan internet. Selama ini, referensi akademik dan teoretis mengenai literasi digital di Indonesia masih sangat terbatas dan itu pun sebagian besar memberikan perhatian pada literasi media, merujuk pada media konvensional dan gerakannya. Selain itu, buku ini juga memberikan panduan yang bisa digunakan orangtua untuk menemani anak menggunakan internet. //ir

Seri
Literasi Digital
Catatan
Buku pembelian tahun anggaran 2022 sebanyak dua eksemplar.
ISBN978-602-386-294-8
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000022855 15-11713-1 A Ada
2 0000022856 15-11713-2 A Ada
No Pengarang Jabatan
1 dkk. Novi Kurnia Penulis
No Subyek
1 LITERASI DIGITAL
No Kata Kunci
1 ANAK DALAM BERINTERNET
2 BERINTERNET
3 KELUARGA
4 LITERASI DIGITAL
5 LITERASI DIGITAL KELUARGA
6 PENDAMPINGAN ORANG TUA
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisUmum
PenerbitGadjah Mada University Press
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2020
Call Number025.042 NOV l
Kolasixvi+136 hlm.; 14.8x21 cm.; illus.
EdisiCetakan Pertama
BibliografiAda
Halaman132
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks2
Kembali