Buku

Pelayanan Publik & Pemerintahan Digital Indonesia

Abstraksi

Pelayanan publik, sebagai fokus bahasan dalam buku ini, merupakan inti dari seluruh proses berpemerintahan. Bahkan menjadi tanda dari hadirnya negara (state in practice) dalam kehidupan nyata sehari-hari masyarakat. Para penulis buku ini menyasar secara tepat jantung persoalan. Layanan publik adalah produk yang selama ini acap jadi fokus perhatian publik. Para peneliti menyadari bahwa “hidangan” layanan yang baik ataupun buruk tidaklah terlepas dari mutu dapur sebagai tempat hidangan tersebut diracik dan dimasak. Dapur itu adalah manufaktur atau birokrasi dengan segala suprastruktur yang berperan dalam semesta interaksi lingkungan kebijakan hingga ketersediaan dan kualitas infrastruktur yang dimiliki. Sebagaimana terlihat pada judul buku, fokus pembenahan dapur birokrasi pada elemen infrasruktur kerja mengerucut kepada dukungan platform digital sebagai piranti terbangunnya pemerintahan elektronik. Pilihan ini amat relevan dalam mengatasi hambatan fisikal (sebagaimana terjadi pada layanan konvensional) di masa pandemi Covid-19 ini. Namun, hadirnya pelayanan publik berbasis elektronik (e-service) hingga pengawasan digital dalam kerangka e-government adalah konteks fundamental terkait perkembangan lokal, nasional dan global akan wajah pemerintahan masa depan. //ir

Seri
Catatan
Buku pembelian tahun anggaran 2022 sebanyak satu eksemplar.
ISBN978-623-321-038-6
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000022881 15-11735-1 C Ada
No Pengarang Jabatan
1 Riris Katharina Editor
No Subyek
1 LAYANAN PUBLIK DIGITAL
No Kata Kunci
1 DIGITAL INDONESIA
2 PELAYANAN PUBLIK
3 PEMERINTAHAN
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisUmum
PenerbitYayasan Pustaka Obor Indonesia
Kota TerbitJakarta
Tahun2020
Call Number352.6 004 11 RIR p
Kolasixiv+170 hlm.; 15.5x23 cm.; illus.
EdisiCetakan Pertama
BibliografiAda
Halaman47; 79; 119; 157
IndeksAda
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali