Penulisan buku ajar ini awalnya adalah untuk mempermudah mahasiswa dalam memahami, mengerti, dan mengimplementasikan teori publik relations dalam kehidupan sehari-hari sebelum memasuki dunia kerja. Buku ini mengupas sejarah dan perkembangan, tokoh-tokoh pendiri di berbagai belahan dunia, tujuan dan ruang lingkup Public Relations. Public Relation akan berhubungan dengan banyak orang yang disebut dengan publik, baik itu publik internal maupun publik eksternal. Publik internal biasa diketahui terdiri dari para karyawan (staf), pimpinan dan stakeholder. Sedangkan publik eksternal meliputi hubungan dengan pemerintah, media, distributor, komunitas, community relations, pesaing, suplier, LSM, perusahaan swasta, dan lain sebagainya yang merupakan publik eksternal. Komunikasi yang dilakukan oleh Public Relations baik di lembaga profit maupun nonprofit merupakan komunikasi yang timbal-balik (komunikasi dua arah), yang berlangsung secara harmonis untuk mendapatkan image atau citra yang baik. Publik Relations dalam aktivitasnya akan berhubungan dengan publik internal dan eksternal tersebut dalam mencapai tujuan perusahaan, yaitu citra yang baik.//yn