Apa dan bagaimana suatu organisasi atau perusahaan disebut sukses? Akan banyak jawaban yang muncul. Beberapa menyebutkan tergantung dari ukuran perusahaan, besarnya pangsa pasar, keuntungan finansial yang dicapai perusahaan, dan dividen yang dibagikan kepada para pemegang sahamnya. Yang lainnya melihat pada efisiensi teknis dan keunggulan inovasi. Perusahaan yang sukses dapat dilihat dari prestasi perusahaan yang diukur dari kemampuannya memberikan tambahan nilai (added value) dan meningkatkan kinerja. Singkatnya, bagaimana memperoleh keuntungan kompetitif. Inilah hakikat mempelajari "strategi". Buku ini memandang strategi dilihat sebagai suatu "proses" yang meliputi sejumlah tahapan yang saling berkaitan dan berurutan. Tahapan utama proses manajemen strategi umumnya mencakup analisis situasi, formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi kinerja. Strategi juga bersifat "kontekstual", harus sesuai (fit) dengan kompetensi inti dan tantangan yang dihadapi. Dalam konteks inilah, buku ini menyajikan beragam kasus riil perusahaan Indonesia dari MQ Corporation-AA Gym, Astra International, Primagama, BMW Indonesia, hingga Dagadu Djogdja yang sukses maupun sedang berjuang meraih keunggulan kompetitif. Buku ini diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi para manajer, CEO (Chief Excecutive Officer), dan praktisi bisnis, tetapi juga bagi para dosen, birokrat daerah, mahasiswa, pengambil kebijakan di tingkat nasional dan daerah, para calon wirausaha, anggota DPR(D), investor, peneliti, politisi, dan praktisi lainnya yang berminat memilih, memformulasi, melaksanakan, dan mengevaluasi strategi untuk meraih keunggulan kompetitif.//yn