Buku ini dirancang untuk memberikan pengetahuan bagi pembaca tentang (1) Supervisi melalui keterampilan observasi, analisis, dan evaluasi serta memberi rekomendasi dalam rangka meningkatkan kinerja tenaga pendidik; (2) Pelaksanaan Supervisi yang benar sebagai dasar bagi tenaga pendidik untuk melakukan refleksi dan evaluasi; (3) Penyediaan kerangka penigkatan kinerja bagi tenaga pendidik dan kependidikan untuk mengoptimalkan perannya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran; dan (4) Penanaman program pengembangan tenaga kependidikan yang memenuhi kebutuhan masyarakat, meliputi identifikasi kebutuhan, pelaksanaan, efektivitas tenaga pendidik dan kependidikan, serta hasil belajar siswa. Penekanan utama supervise adalah pada pertumbuhan professional tenaga pendidik. Bahasan buku ini meliputi: Definisi, Dimensi, Tujuan dan Fungsi Supervisi Pendidik dan Pembelajaran; Pengertian Supervisor: Tugas, Posisi, Fungsi, Kewenangan, Tata Kerja, dan Program Kerja Supervisor; Metode dan Fungsi, Kewenangan, Tata Kerja, dan Program; Metode dan Teknik, Supervisi; Konsep Supervisi Kelas; Konsep Supervise Klinis; Peningkatan Kualitas Pembelajaran; Metode dan Teknik Pengumpulan Data dalam Supervisi; Workshop Penyiapan Program dan Mekanisme Supervisi untuk Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik; Kasus-Kasus Supervisi Pembelajaran; Supervisi Pembelajaran; Rancangan Supervisi Pembelajaran: Kegiatan Supervisi Pembelajaran; Data Hasil Kegiatan Supervisi dan Perumusan Rekomendasinya dan Laporan Hasil Supervisi Pembelajaran.//yn