Buku

Analisis Jaringan Media Sosial

Abstraksi
Saat ini kehidupan kita tidak mungkin bisa dilepaskan dari media sosial. Media sosial makin berperan, bukan hanya sebagai sumber informasi, tetapi juga sumber dari interaksi dan relasi sosial kita. Bagi penelitian komunikasi, media sosial adalah wilayah penelitian yang kian penting baik saat ini ataupun di masa mendatang. Salah satu metode penelitian media sosial adalah Analisis Jaringan Media Sosial (Social Media Network Analysis /SMNA). Metode ini pada dasarnya adalah penerapan analisis jaringan sosial (atau jaringan komunikasi) untuk menganalisis percakapan di media sosial. Metode ini berusaha menggambarkan bagaimana struktur jaringan, pengelompokan, dan siapa aktor (akun media sosial) yang paling berpengaruh dalam perbincangan suatu isu. Buku ini menjelaskan teori, metode dan proses penelitian analisis jaringan media sosial, mulai dari mengambil data (crawling) hingga analisis data. Buku ini juga dilengkapi dengan studi kasusĀ  penelitian dan tutorial 3 perangkat lunak (software) yang banyak digunakan dalam analisis jaringan media sosial, yakni Netlytic, NodeXL dan GEPHI. Buku ini berguna bagi praktisi, pengajar, dan mahasiswa (ilmu komunikasi, politik, sosiologi, kebijakan publik dan ilmu sosial lainnya) yang sedang melakukan penelitian dengan menggunakan data berupa percakapan media sosial. //ir
Seri
Catatan
Buku pembelian tahun anggaran 2023 sebanyak dua eksemplar.
ISBN978-623-218-818-1
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000024128 15-12095-1 C Ada
2 0000024129 15-12095-2 C Ada
No Pengarang Jabatan
1 Eriyanto Penulis
No Subyek
1 MEDIA SOSIAL
No Kata Kunci
1 ANALISIS JARINGAN
2 MEDIA SOSIAL
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisUmum
PenerbitKencana
Kota TerbitJakarta
Tahun2021
Call Number302.231 ERI a
Kolasixii+386 hlm.; 15.5.8x23 cm.; illus.
EdisiPertama, Cetakan Pertama
BibliografiAda
Halaman175
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks2
Kembali