Semiotika adalah salah satu pendekatan dan atau
teori dalam ilmu komunikasi, yang termasuk ke dalam perspektif interpretif,
yang dapat dibedakan dengan perspektif kritis dan perspektif objektif (empiris,
ilmiah, positivistic). Buku ini mudah dipahami, dengan bahasanya yang runtut
dan enak dibaca. Salah satu kelebihan buku ini adalah sistematikanya yang
bersahaja. Fokusnya adalah pada semiotika media. Secara runtut, penulis
membahas pengertian semiotika, hubungan antara Semiotika dan Komunikasi (bab I)
lalu disusul dengan teori dan model Semiotika berdasarkan pandangan para tokoh
Semiotika (Bab II). Inti dari buku ini sebenarnya terletak pada uraian
selanjutnya (Bab III), yakni tentang prosedur penelitian Semiotika. Lalu pada
bab-bab selanjutnya penulis menguraikan penerapan Semiotika dalam konteks yang
berbeda-beda, yakni dalam iklan (Bab IV), dalam fotografi (bab V), dan dalam
film (Bab VI). Dalam video game (Bab VII), pada edisi revisi kali ini penulis
menambahkan 2 bab yaitu analisis semiotika paradigmatic (Bab VIII), dan
semiotika Post Strukturalis/pasca strukturalis dari Jaques Derrida (Bab IX).
Bab X berisi penutup yang merupakan kesimpulan dari isi buku ini. //ir