Kajian Sosiologi Komunikasi merupakan perspektif yang sudah lama ada.Perkembangan teknologi telematika atau komunikasi dalam industri IT nyaris melahirkan produk-produk baru setiap hari, yang menyebabkan revolusi komunikasi adalah sesuatu yang tidak terelekkan. Ia ibarat gelombang yang terus menggelora membentuk tatanan baru yang selalu mengarah dan berdasar pada logika teknologi. Persoalan penting dalam Sosiologi Komunikasi adalah substansi interaksi orang-orang dalam masyarakat, termasuk konten interaksi (komunikasi) yang dilakukan langsung atau yang dilakukan lewat media komunikasi, serta semua konsekuensi yang terjadi pada seluruh proses komunikasi tersebut. Buku ini memuat antara lain: filsafat, ruang lingkup, dan konsep Sosiologi dan Komunikasi; proses komunikasi dalam masyarakat; perkembangan teknologi Indonesia dan komunikasi massa; masyarakat cyber; paradigma keilmuan dan teori komunikasi; penelitian komunikasi; masalah-masalah sosial dan media massa; dan masa depan Sosiologi Komunikasi. //Yeni