Buku ini terdiri dari delapan bagian. Pada bagian pertama membahas tentang pengertian, konsep, serta sistem pemasaran. Mengingat pentingnya pemasaran di segala bidang pada umumnya, dan bidang bisnis pada khususnya, maka penulis menganggap penting untuk meninjaunya sebagai suatu sistem. Tinjauanya sangat luas dan menyeluruh baik dari segi kelembagaan, fungsi, komoditi, manajemen maupun lingkungan. Konsep pemasaran yang dibahas dalam bagian ini merupakan falsafah bisnis yang menitik beratkan pada orientasi pasar/konsumen. Selanjutnya pada bagian kedua membahas masalah pasar termasuk prilaku dan motivasi pembeli, serta segmentasi pasar. Pada bagian ketiga membahas masalah marketing mix, masalah ini penting dan merupakan sistem pemasaran inti dalam suatu perusahaan. bagian keempat membahas masalah harga, bagian lima tentang struktur distribusi, bagian enam masalah kegiatan promosi. Pada bagian tujuh dan delapan dibahas masalah riset pemasaran, sistem informasi pemasaran, dan pemasaran jasa. Pada dasarnya buku ini lebih menitik beratkan pada masalah pemasaran barang, tetapi mengingat semakin penting dan semakin banyaknya bisnis jasa di Indonesia maka dalam buku ini juga membahas pemasaran jasa. //Ira