Buku

Etika Bisnis Konsep dan Kasus

Abstraksi
Buku ini telah menjadi teks yang populer dan digunakan secara luas. Teks ini dibagi menjadi bagian yang masing-masing berisi dua bab. Bagian I merupakan pengenalan teori etika dasar. Perspektif mendasar yang dikembangkan adalah pandangan bahwa perilaku etis merupakan strategi bisnis jangka panjang yang terbaik bagi perusahaan. Ada anggapan bahwa perilaku tidak etis kadang berhasil dan perilaku etis mengakibatkan kerugian serius pada perusahaan. Penulis hanya bermaksud mengatakan bahwa untuk jangka yang lama dan untuk sebagian besar, perilaku etis memberi perusahaan keuntungan kompetitif yang signifikan melebihi perusahaan yang tidak etis. Penulis menyajikan gagasan ini dan mengajukan argumennya di Bab 1 dimana penulis juga menunjukkan bagaimana orang menerima standar etis dan bagaimana standar etis tersebut dapat dimasukkan ke dalam proses penalaran moral. Bab 2 secara kritis membahas empat macam prinsip moral, prinsip utilitarian, prinsip yang berdasarkan pada hak moral, prinsip keadilan dan prinsip etika kepedulian. Keempat jenis prinsip moral tersebut, sebagaimana diargumenkan, memberikan kerangka untuk memecahkan sebagian basar dilema dan permasalahan etis yang muncul dalam bisnis. Sebagai tambahan, Bab 2 mendiskusikan teori kebaikan sebagai alternatif pendekatan berbasis bisnis.  Bagian II menelaah etika pasar dan harga. Bagian III membahas permasalahan lingkungan dan konsumen. Bagian IV mencoba melihat permasalahan pekerja. Penulis berpendapat bahwa pada masing-masing bagian untuk menerapkan teori moral dalam kedunia nyata, orang harus mempunyai informasi dan teori mengenai seperti apakah sebenarnya dunia itu. Konsekuensinya, setiap bab pada tiga bagian terakhir menyediakan beberapa halaman untuk memaparkan informasi empiris yang harus dimiliki pengambil keputusan jika dia akan menerapkan moralitas ke dalam realitas. bab tentang etika pasar, misalnya menyediakan analisis neoklasik tentang etika pasar. Bab tentang diskriminasi menyajikan beberapa indikator statistik dan institusional tentang dikriminasi. bab tentang individu dalam organisasi mengandalkan dua model tentang struktur organisasional. Tiap bab pada teks ini memuat dua materi. Bagian utama bab menyajikan materi konseptual yang diperlukan untuk memahami permasalahan moral yang khusus. Bagian selanjutnya merupakan pembahasan kasus yang mendiskripsikan situasi bisnis riil dimana permasalahan moral muncul. Penulis menyediakan pembahasan kasus-kasus dengan asumsi pedagogis bahwa kemampuan seseorang untuk melakukan penalaran persoalan moral akan berkembang jika ia berusaha untuk mengupas persoalan-persoalan moral yang konkret dan memberanikan diri ditentang oleh orang lain yang memecahkan masalah tersebut dengan basis standar moral yang berbeda. tantangan tersebut, ketika muncul dalam dialog dengan orang lain, memaksa orang menghadapi kesahihan norma moral dan memotivasi mencari prinsip yang lebih memadai ketika prinsip moral tampak tidak memadai. Alasan asumsi pedagogis ini dibahas di Bab 1, bagian perkembangan moral dan penalaran moral. //Yeni


Seri
Catatan
Pembelian Anggaran Rutin tahun 2010, jumlah 4 eksemplar
KATA KUNCI: ETIKA BISNIS, KONSEP DAN KASUS
ISBN979-731-835-4
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000008256 11-7044-1 E Ada
2 0000008257 11-7044-2 E Ada
3 0000008258 11-7044-3 E Ada
4 0000008259 11-7044-4 E Ada
No Pengarang Jabatan
1 Manuel G. Velasquez Pengarang
No Subyek
1 ETIKA BISNIS
No Kata Kunci
-- data tidak ditemukan --
AsalAmerika serikat
BahasaIndonesia
JenisUmum
PenerbitAndi
Kota TerbitYogyakarta
Tahun2002
Call Number658.45 VEL e
Kolasix + 502 hlm.; 20 x 28 Cm.
Edisi5
BibliografiTidak Ada
IndeksAda
RelesaseYa
Jumlah Eks4
Kembali