Buku Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 2 Nomor 2 September-Desember 2004 ini memuat sembilan artikel, yaitu: (1) Peluang dan Tantangan Penelitian Komunikasi di Era Global; (2) The Convergence of Agenda Setting and Framing; (3) 'Intelligent State' : Demokrasi, Kontrol Negara, dan Internet di Singapura; (4) Dilema Status perjan RRI Menuju Terwujudnya Radio Publik; (5) Signifikasi Iklan Politik dalam Pemilu 2004 (Analisis Semiotika Iklan PDI Perjuangan Dalam Kampanye Pemilu 2004); (6) Mencari Model Diplomasi Masalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia melalui Surat Kabar; (7) Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM) di kabupaten Bantul dan Kulon Progo Yogyakarta; (8) Fenomena Politik Tiga Putri Soekarno dalam Pemilu 2004 pada Surat Kabar Nasional; (9) Kebijakan Redaksional Pers mahasiswa pada Masa Orde baru dan Pasca Orde Baru. //Yeni