Buku Kedua ini memaparkan tentang pengelolaan program infomobilisasi atau program komunikasi informasi di pedesaan yang diselenggarakan oleh Telecenter. Komunikasi pembangunan (development communication) atau komunikasi untuk pembangunan (communication for development) merupakan kerangka yang dipergunakan infomobilisasi. Infomobilisasi dapat diartikan atau diterapkan dengan berbagai model/bentuk program yang dirasakan sesuai, antara lain Pengembangan masyarakat (Community Development/Comdev), Pengorganisasian Masyarakat (Community Organizing/CO), Pendidikan Masyarakat, Penyuluhan, Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE), Pemasaran Sosial, Komunikasi Penunjang Pembangunan (KPP), Informasi, Motivasi, dan Educaki (IME), dan sebagainya. Buku ini memaparkan tentang proses pengelolaan infomobilisasi bagi Fasilitator Infomobilisasi (FI), yang tentu saja tidak bekerja sendirian melainkan sebagai suatu tim bersama staf media/IT admin Telecenter dan para relawan. Pada buku ini dipaparkan peran/tuga FI selaku pendamping masyarakat serta bagaimana penerapannya pada proses-proses sosialisasi infomobilisasi, pengkajian komunikasi bersama masyarakat yang disebut MDS, perencanaan infomobilisasi yang disebut Rencana Kegiatan Kelompok (RKK), pelaksanaan pendampingan dan berbagai bentuk monev program infomobilisasi yang dapat diterapkan. //Yeni