Komunikasi memegang peranan penting dalam kaitannya dengan pembentukan masyarakat. dalam fenomena ini, manusia terlibat dalam kegiatan komunikasi dalam kehidupan sosial, sehingga dapat saling `bedekatan` dalam suatu komunitas. Sebuah komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang berhasil melahirkan kebersamaan (commonness), kesepahaman antara sumber (source) dengan penerima (audience-receiver). Sebuah komunikasi akan efektif apabila audience menerima pesan, pengertian, dan lain-lain sama persis seperti apa yang dikehendaki oleh penyampai. Buku ini mengantarkan pembaca pada teori-teori komunikasi dan cara memanajemen komunikasi dengan baik. Dengan teori dan manajemen komunikasi yang baik, diharapkan pembaca memiliki pondasi kuat untuk memahami konsep-konsep ilmu komunikasi sehingga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai aspek pokok teori dan manajemen komunikasi tersaji dalam buku ini, antara lain : Teori-teori Komunikasi Massa Kontemporer, Model-model Proses Persuasi dalam Komunikasi, Masa Depan Teori Komunikasi Massa, Efek-efek Komunikasi Massa, Menguak Perkembangan Teori-teori Komunikasi, Metode Analis Jaringan Komunikasi, Makna dan Tanda dalam Proses Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Asas-asas Manajemen Komunikasi, Aplikasi manajemen pada Komunikasi. //yn