Buku

Pengantar Komunikasi Massa Jilid 1: Melek Media & Budaya

Abstraksi
Buku ini dibagi dalam empat bagian. Bagian Pertama, “Peletakan Dasar Pemikiran menyediakan dasar untuk mempelajari komunikasi massa. Kedua bab yang ada di dalamnya “Komunikasi Massa, Media dan Melek Budaya” dan “Perkembangan Proses Komunikasi Massa” menjelaskan konsep-konsep penting dan meletakkan asumsi dasar perpektif budaya pada komunikasi massa dengan fokus pada melek media. Bagian Kedua, “Media, Media Industri, dan Khalayak Media” memasukkan bab tentang teknologi media massa tersendiri, dan industri yang berkembang di sekitarnya – Buku (Bab 3), “Surat Kabar” (Bab 4, “Majalah” (Bab 5), “Film” (Bab 6), “Radio, Rekaman, dan Musik Populer” (Bab 7), “Televisi, TV Kabel, dan Video Mobile” (Bab 8), “Video Game” (Bab 9), “Internet dan World Wide Web” (Bab 10). Semua bab ini di buka dengan sejarah singkat setiap media dan diteruskan dengan diskusi tentang media tersebut dan khalayaknya, ruang lingkup dan sifat media, dan trend terbaru serta konvergensi dalam industri dan teknologi. Setiap bab disimpulkan dengan suatu bagian tentang pengembangan ketrampilan melek media, yang secara spesifik dihubungkan dengan media yang telah dibahas di bab tersebut, dan mendorong untuk melakukan suatu tindakan dalam bentuk esai Menghidupi Melek Media. Seluruh bab terdapatpemaparan yang tidak hanya berfokus pada industri dan teknologi, tetapi juga pada isu-isu budaya dan interaksi antar budaya, media, dan khalayak. Sebagai contoh, dalam Bab 10, kemajuan dalam teknologi digital dan jaringan komputer di bahas dalam sudut pandang kemaqmpuan kita untuk mempertahankan kontrol terhadap data personal dan privasi. Pembahasan tentang sensor terhadap buku pada Bab 3 mengajak Anda untuk menantang komitmen pribadi mereka dalam hal kebebasan berekspresi dan merefleksikan bagaimana komitmen tersebut turut berbicara dalam keyakinan mereka akan demokrasi. Radio dan Musik Rock n’ Roll dihubungkan dalam diskusi tentang relasi antarras di Amerika pada Bab 7. Bagian Ketiga, “Industri Pendukung”, menggunakan pendekatan yang sama ke dalam dua area yang berhubungan – hubungan masyarakat atau humas (Bab 11, Jilid 2) dan periklanan (Bab 12 Jilid 2). Seperti pada bab-bab yang membahas media-media secara apesifik, masing-masing bab ini dimulai dengan sejkarah singkat, dilanjutkan dengan diskusi tentang khalayak, ruang lingkup industri, trend terbaru tentang konvergensi, dan disimpulkan dengan pemaparan tentang petunjuk dalam mengembangkan keterampilan pendidikan media yang relevan. Bagian Keempat, “Mediasi Budaya melalui Media Massa dalam Era Informasi” menjelaskan beberapa bidang penting. Bab 13 (jilid 2), Teori dan Efek Komunikasi Massa” menyediakan pemaparan tentang sejarah singkat teori komunikasi massa, dan membandingkan serta mengevaluasi teori utama dalam bidang ini. Kemudian bagian ini mengeksplorasi perdebatan yang masih terus saja berlangsung dalam membicarakan efek media. Bab ini memasukkannya ke dalam topik-topik seperti, media dan kekerasan; media dan gender, serta stereotip ras/etnisitas; serta media dalam proses pemilu. Bab 14, “Kebebasan Media, Regulasi, dan Etika” menyediakan pembahasan rinci tentang “First Amandement”, yang berfokus kepada pemurnian interpretasi dan penberapan yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun dalam menanggapi perubahan dalam bidang teknologi dan buadaya. Bab ini menganalisis topik-topik senada dan isu-isu seperti privasi, penggunaan kamera dalam ruang pengadilan, dan perubahan definisi dari ketidakpatutan. Bab ini diakhiri dengan diskusi yang lebih menyeluruh tentang etika media dan profesionalisme. Bab 15, “Media Global”, melihat system media massa di bagian dunia yang lain, dan mengakhirinya dengan diskusi tentang integritas budaya lokal versus budaya imperialis. //yn
Seri
Catatan
Pembelian tahun anggaran 2013, nomor register 12-7800, tanggal 2 Januari 2014, jumlah 4 eksemplar. Buku c.1 disimpan di rak buku tandon.
Pembelian Rutin Tahun Anggaran 2014, di terima tanggal 20-10-2014 jumlah 5 eksemplar

ISBN978-979-099-500-0
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000010245 12-7800-1 C Disimpan
2 0000010246 12-7800-2 C.3 Dipinjam
3 0000010247 12-7800-3 C Ada
4 0000010248 12-7800-4 C Ada
5 0000011335 12-7800-5 C Ada
6 0000011336 12-7800-6 C Ada
7 0000011337 12-7800-7 C Ada
8 0000011338 12-7800-8 C Ada
9 0000011339 12-7800-9 C Ada
No Pengarang Jabatan
1 Stanley J. Baran Pengarang
No Subyek
1 KOMUNIKASI MASSA - TEORI
No Kata Kunci
1 BUDAYA
2 KOMUNIKASI MASSA
3 MELEK MEDIA
4 MELEK MEDIA & BUDAYA
5 PENGANTAR KOMUNIKASI MASSA JILID 1
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisUmum
PenerbitErlangga
Kota TerbitJakarta
Tahun2012
Call Number301.1 BAR p
Kolasixxx + 445 hlm; 19,5 x25,5 cm
Edisi5
BibliografiTidak Ada
IndeksAda
RelesaseYa
Jumlah Eks9
Kembali