Buku ini bertolak dari keyakinan bahwa tulisan-tulisan mengenai PR atau hubungan masyarakat lebih banyak menitik beratkan pada teknik dan cara pelaksanaannya dari pada masalah-masalah manajemen yang luas, dan pemecahan masalahnya. Buku ini menekankan pendekatan praktis untuk memecahkan berbagai masalah yang menyangkut PR atau hubungan masyarakat. Masing-masing tahap dari pendekatan ini dilukiskan dengan menggunakan contoh-contoh dari kehidupan sehari-hari yang luas, baik dari sektor pribadi maupun umum. Pendekatan dalam buku ini dibuat sedemikian rupa sehingga dapat diterapkan terhadap setiap masalah yang berkaitan dengan public relation dan komunikasi. Secara keseluruhan buku ini memuat materi: Komunikasi Sebuah Pendekatan Pemecahan Masalah, Pendekatan Yang Digarisbawahi, Menganalisis Sesuatu, Menentukan Sasaran, Identifikasi Masyarakat, Menciptakan Pesan, Menyeleksi Saluran-saluran, Membiayai program, Evaluasi Hasil, Modifikasi Program, Perencanaan dan Pelaporan. Penulis berharap buku ini dapat menggugah semangat pembaca agar berani memikirkan masalah-masalah yang mungkin timbul dan buku ini sengaja dipersiapkan untuk menghadapi berbagai masalah dengan kasus-kasus yang disajikan. Kunci keberhasilan dalam praktek Public Relation adalah berpikir secara mandiri dan bukan menghapal.//Ira