Buku ini memberikan wawasan dan tuntunan bagi pembaca yang mempelajari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan. Dengan memanfatkan TIK, diharapkan dapat mempermudah dan memberikan kesempatan belajar seluas-luasnya bagi masyarakat. TIK adalah teknologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari satu perangkat ke lainnya. Secara keseluruhan buku ini memuat delapan bab. Bab 1 Pendahuluan, menjelaskan tentang Jenis TIK yang umum digunakan dalam pendidikan, E-Learning, Blended Learning, pembelajaran jarak jauh, belajar berbantuan komputer. Bab 2 Perkembangan Komputer dalam Pendidikan, menjelaskan perkembangan komputer dalam pendidikan dan perkembangan komputer di era globalisasi. Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi, menjelaskan tentang komputer, data dan informasi, siklus pemrosesan informasi, keuntungan dan kerugian menggunakan komputer, sistem komputer, sistem bilangan dan kode, jaringan komputer, perangkat lunak komputer, bahasa pemrograman dan basis data. Bab 4 Graphical User Interface, menjelaskan tentang user dialog, desain visual, tipografi, dan metodologi desain. Bab 5 Sistem Informasi Manajemen. Bab 6 Multimedia. Bab 7 Online Learning dan Bab 8 Blended Learning.//Ir