Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting di samping keterampilan berbahasa lainnya. Membaca merupakan sarana untuk mempelajari dunia lain yang diinginkan sehingga manusia bisa memperluas pengetahuan, bersenang-senang dan menggali pesan-pesan tertulis hanya dengan membaca. Akan tetapi membaca bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Membaca adalah sebuah proses yang bisa dikembangkan dengan menggunakan pendekatan, teknik, strategi dan metode yang sesuai dengan tujuan membaca tersebut. Seiring dengan itu, maka pada era informasi dan komunikasi yang serba cepat ini, seorang yang profesional dituntut agar mengukuti laju perkembangan zaman. Oleh karena itu setiap orang harus mengimbanginya dengan kemampuan membaca untuk menyerap dan menguasai informasi yang beredar. Untuk menyerap informasi yang beredar sebanyak mungkin dari berbagai media, dibutuhkan keterampilan membaca yang memadai, karena hampir seluruh informasi disajikan dalam bentuk bacaan berupa buku, majalah, surat kabar, internet dan dokumen. Untuk meningkatkan aktivitas membaca diperlukan kemampuan membaca yang diimbangi oleh pemahaman sehingga menunjukkan bahwa pembaca telah memperoleh kemampuan membaca. Buku ini membicarakan tentang peran penting pembelajaran membaca, strategi dan teknik pembelajaran membaca, prinsip-prinsip pembelajaran membaca, tahap-tahap pembelajaran membaca, jenis-jenis pembelajaran membaca, bahan tes untuk pembelajaran membaca serta teknik mengukur kemampuan dan kecepatan membaca. //yn