Buku

Jurnal Kependidikan Volume 42 Nomor 1 Mei 2012

Abstraksi
Jurnal Kependidikan ini memuat sepuluh penulisan penelitian yang berkaitan dengan kependidikan. Tulisan pertama tentang "Pembelajaran Fisika dengan Model Cooperative Learning Ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa" oleh Siti Fatimah, Ika Kartika, Thaqibul Fikri Niyartama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dan tanggapan pembelajaran fisika dengan model Cooperative Learning tipe FSLC dan SGD pokok bahasan getaran dan gelombang terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran fisika dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe FSLC berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. (2) tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika yang menggunakan model Cooperative Learning tipe FSLC berkatagori baik (83%) dan tanggapan siswa yang menggunakan tipe SGD berkategori cukup baik (77,5%). Tulisan kedua tentang "Pengelolaan Pembelajaran Matematika Pasca Bencana Erupsi Merapi" oleh Sutama, Sabar Narimo, Haryoto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pengelolaan pengajaran matematika yang dilakukan oleh guru sekolah dasar. Tulisan ketiga tentang "Pengembangan Model Panduan Pendidik Pengajaran Sastra Berbasis Pendidikan Karakter" oleh Maman Suryaman, Wiyatmi, Hartono, dan Anwar Efendi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persoalan yang dihadapi oleh para guru adalah kurangnya sumber-sumber pengayaan untuk mengembangkan pembelajaran sastra, baik dalam bentuk perangkat pembelajaran maupun praktiknya di kelas yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter. Tulisan keempat tentang "Hubungan Status Gizi dan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi hasil Belajar Mahasiswa" oleh Cerika Rismayanthi. Dikatakan oleh peneliti bahwa kebugaran jasmani memberikan kontribusi paling besar terhadap prestasi belajar mahasiswa, dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 28,68%; sedangkan sttus gizi sebesar 10,32%. Tulisan kelima tentang " Pengembangan Media Gambar sebagai Alat Edukasi Antisipasi Diri Anak terhadap Perilaku Kekerasan" oleh Farida harahap, Kartika Nur Fathiyah, Isti Yuni Purwanti, dan Rita Eka Izzaty. Tulisan keenam dengan judul Pengembangan Model Pembelajaran Kursus Kewirausahaan Melalui Kerja Sama Dunia Usaha dan Dunia Industri, oleh Yuriani, Marwanti, Kokom Komariah, Prihastuti Ekawatiningsih, dan Endra Santosa. Tulisan ketujuh dengan judul Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Sains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat dengan Tema Teknologi Biogas, oleh Sugiyanto, Ika Kartika, dan Joko Purwanto. Tulisan kedelapan, judul Identifikasi Materi Sulit Ujian nasional Bahasa Inggris pada Siswa Jurusan Bahasa, oleh Harold Lumpapow. Tulisan kesembilan, judul Manusia Berkarakter dalam Perspektif Guru dan Siswa oleh Siti Irene Astuti D. dan Widyastutu Purbani. Tulisan kesepuluh tentang Inovasi Media Pembelajaran Sain Teknologi di SMP Berbasis Mikrokontroler, oleh Umi Rochayati, Sri Waluyanti, dan Djoko Santoso.  //Ir
Seri
Catatan
Sumbangan dari UNY = 1 eksemplar, diterima tanggal 18-6-2014.
KATA KUNCI: JURNAL, KEPENDIDIKAN, JURNAL KEPENDIDIKAN,  JURNAL KEPENDIDIKAN VOLUME 42 NOMOR 1 MEI 2012
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000010583 12-7944-1 R Ada
No Pengarang Jabatan
1 Maman Suryaman Ketua Dewan Redaksi
No Subyek
1 JURNAL KEPENDIDIKAN
No Kata Kunci
-- data tidak ditemukan --
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisReferensi
PenerbitLPPM-UNY
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2012
Call Number370.5 SUR j
Kolasi98 hlm; 21x29 cm.
Edisi
BibliografiAda
Halaman98
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali