Buku ini membahas tentang faktor-faktor individual yang ada pada konsumen yang mempengaruhi prilakunya seperti motivasi, kepribadian, pembelajaran, persepsi, sikap konsumen dan faktor-faktor yang berasal dari luar konsumen seperti pengaruh kelompok, keluarga, sumber-sumber informal, kelas sosial, dan pengaruh budaya. Pada beberapa bab selain dibahas tentang teori mengenai topik juga dilengkapi dengan bagaimana cara pengukuran yang dapat dilakukan oleh pemasar, serta dilengkapi dengan panduan praktis untuk manajer pemasaran melalui Pojok Manajer. Adanya contoh pengukuran dan panduan praktis ini akan mempermudah mahasiswa dan juga praktisi di bidang pemasaran untuk menerapkan konsep-konsep penting dalam praktik pemasaran. Secara keseluruhan buku ini memuat 13 bab pembahasan, meliputi: Prilaku Konsumen, Motivasi, Kepribadian, Persepsi Konsumen, Pembelajaran, Sikap, Komunikasi, Kelompok, Keluarga, Kelas Sosial, Budaya, Perilaku Konsumen Dalam Difusi Inovasi, dan bab terakhir tentang Perlindungan Konsumen.//Ira