Buku ini melakukan pendekatan dari sisi perspektif manajerial yang membedakan pengertian manajemen dan manajemen stratejik. Dengan memperhatikan tantangan-tantangan yang dihadapi para manajer pada saat ini, khususnya yang menyangkut tantangan global yang dihadapinya, para penulis telah menyajikan teori-teori tentang manajemen stratejik yang berlaku hingga saat ini agar dapat membantu para manajer tersebut di dalam pengambilan keputusan-keputusan stratejiknya. Buku ini membahas beberapa subjek penting yang terkait dengan penulisan mengenai manajemen stratejik, antara lain: (1) Menekankan pentingnya mengembangkan strategi-strategi untuk menangani perubahan-perubahan dan kebutuhan-kebutuhan untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian yang terus menerus. (2) MemberiĀ pengetahuan yang mendalam tentang beberapa teori penting, yaitu analisis lingkungan industri dan analisis lingkungan bisnis, strategi global, strategi korporasi dan sebagainya. Secara keseluruhan buku ini terdiri dari sepuluh bab, dengan menjelaskan: (1) Pengertian Manajemen Stratejik (2) Visi dan Misi Perusahaan (3) Lingkungan Internal (4) Lingkungan Eksternal Perusahaan (5) Strategi-strategi Global (6) Strategi-strategi Tingkat Bisnis (7) Strategi-strategi Tingkat Korporasi (8) Strategi-strategi Pada Tingkat Fungsional (9) Struktur Organisasi (10) Budaya Organisasi, Kepemimpinan, dan Kontrol Studi Kasus.//Ira