Buku ini membahas tentang faktor-faktor individual yang ada pada konsumen yang mempengaruhi prilaku seperti: motivasi, kepribadian, pembelajaran, persepsi, sikap, serta faktor-faktor yang berasal dari luar konsumen seperti: pengaruh kelompok, keluarga, sumber-sumber informal, kelas sosial, dan budaya dalam konteks perkembangan internet. Pada beberapa bab selain dibahas teori mengenai topik yang disajikan juga dilengkapi dengan praktik baik penelitian terkait yang dapat dengan mudah dilakukan oleh pemasar, serta dilengkapi dengan panduan praktis bagi manajer pemasaran melalui Pojok Manajer. Tersedianya contoh praktik baik dalam penelitian ini akan mempermudah mahasiswa dan para praktisi di bidang pemasaran menerapkan konsep-konsep penting perilaku konsumen dalam praktik pemasaran. Contoh dan ilustrasi yang disajikan disesuaikan dengan kasus-kasus riil dalam konteks Indonesia. Konteks perkembangan internet menjadi kekhasan situasi yang melingkupi perilaku konsumen pada setiap bab. Penulis berharap buku ini dapat memperkaya wawasan Pembaca dan memberikan warna baru dalam kajian perilaku konsumen di era internet yang belum banyak diungkap. //Ira