Buku ini memuat sembilan bab utama. Bab I tentang konsep dan teori ilmu serta riset ilmiah demi mengembangkan ilmu, termasuk di dalamnya dibahas filsafat imu dan riset serta menerangkan metode riset kuantitatif di bidang komunikasi. Bab II tentang Metode Analisis Isi, yaitu siasat dan strategi penalaran yang terorganisasi dan teratur tentang investigasi dan inkuiri serta penyelidikan terhadap isi teks atau messages komunikasi secara objektif, kuantitatif, dan sistematis. Bab III berisi genre metode riset agenda setting, suatu penelitian ilmiah secara kuantitatif untuk menjawab masalah seberapa besar dan sejauh mana pengaruh agenda media terhadap agenda khalayak. para eksekutif memanfaatkan untuk agenda kebijakan dalam suatu kurun waktu tertentu. Bab IV Metode Riset Uses and Gratification: Penelitin tentang pemanfaatan media oleh publik berdasarkan upaya media memberikan servis informasi, oleh interes kedua belah pihak secara transaksional. Bab V Metode Riset Ekologi Media: Penelitian tentang kompetisi antar institusi media, dikaitkan dengan kemampuan modal, dukungan publik, dan sumber-sumber pemasukan yang menunjang kehidupan media untuk saling memenangkan komp etisi masing-masing. Bab VI Metode Riset Eksperimen: penelitian ilmiah yang mana periset memanipulasi dan mengontrol satu atau lebih Variabel bebas dan melakukan pengamatan terhadap variabel-variabel terkait untuk menemukan variasi yang muncul akibat memanipulasi variabel bebas. Bab VII Metode Analisis Jaringan Komunikasi, meneliti apa yang dilakukan oleh sekelompok manusia sebagai jaringan sosial memanfaatkan suatu arus informasi yang melibatkan mereka. Bab VIII Menyusun Laporan Hasil-hasil Riset Ilmiah dan yang terakhir Bab IX Kesimpulan. //Ira