Public Relations merupakan sebuah fungsi kepemimpinan dan manajemen yang membantu pencapaian tujuan sebuah organisasi, membantu dalam mendefinisikan filosofi, dan memfasilitasi perubahan organisasi. Buku ini memberikan penyajian yang cukup komprehensif kepada Anda dalam memahami prinsip-prinsip yang mendasari praktik public relations dengan memberikan pandangan tentang kemungkinan penggunaan media komunikasi yang baru dan media lama yang dipercaya sebagai alat untuk praktik public relations. Pembahasan masing-masing bab dibingkai dalam konteks sejarah, kerangka teoritis, serta fondasi hukum dan etik dari profesi Public Reelation. Penulisan dalam buku ini tetap mempertahankan gaya yang personal dan mudah dipahami para pembaca. Selain itu fitur-fitur, seperti Sekilas Kasus dan Spotlight berguna dalam merefleksikan realitas dunia public relation. Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup empat bagian. Bagian 1 Profesi, yang membahas tentang Hakikat Public Relations, Sejarah Public Relations, dasar Teori Public Relations, Hukum dan Etika. Bagian 2 Proses, yang membahas mengenai Riset Memahami opini Publik, Perencanaan Strategi bagi Efektivitas Public Relations, Aksi dan Komunikasi, Mengevaluasi Efektivitas Public Relations. Bagian 3 Publik, yang membahas mengenai Media Relations, Komunikasi Karyawan, Community Relations, Consumer Relations dan Pemasaran, Investor Relations. Bagian 4 Praktik, yang membahas mengenai Public Affair: Relasi dengan Pemerintah, Public Relations dalam Organisasi Nirlaba, Public Relation Perusahaan, Beberapa Isu dalam Public Relations: Komunikasi krisis, Media Sosial, dan Kemajuan Global.//yn