Buku dengan judul "Sosioligi Komunikasi Massa" ini mengupas berbagai aspek yang berkaitan dengan sosiologi komunikasi massa. Sosiologi komunikasi massa berupaya memetakan hubungan timbal-balik antara media massa dan masyarakat: mampukah media massa membangun norma-norma sosial, membentuk interaksi sosial, menjalankan kontrol sosial dan melakukan perubahan sosial. Secara keseluruhan materi yang dibahas dalam buku ini terbagi kedalam sembilan bagian pembahasan meliputi: Bagian 1 membahas tentang pengertian dan ruang lingkup komunikasi massa; Bagian 2 membahas tentang pengertian dan ruang lingkup sosiologi komunikasi massa; Bagian 3 membahas tentang analisis fungsional dan disfungsional serta model-model komunikasi massa, seperti perspektif sosiologis. Bagian 4 membahas tentang teori sistem pers dan kebutuhan masyarakat; Bagian 5 membahas tentang sosiologi komunikator dan pesan dalam komunikasi massa; Bagian 6 membahas tentang sosiologi khalayak dalam komunikasi massa; Bagian 7 membahas tentang Efek sosiologis dalam komunikasi massa; Bagian 8 membahas tentang dimensi sosiologi fungsi kontrol sosial media massa; Bagian 9 atau terakhir buku ini membahas tentang teknologi informasi, cyberspace, dan hiper-realitas media. Buku ini diterbitkan untuk memenuhi kebutuhan para dosen dan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, jurnalistik, kehumasan, dakwah, praktisi media massa, praktisi kehumasan, peneliti, intelektual, ilmuwan, cendekiawan, guru, aktivis, serta siapa saja yang ingin menyelami sisiologi komunikasi massa. //Ira