Buku dengan judul "Literasi Media dan Kearifan Lokal: Konsep dan Aplikasi" ini terdiri dari dua bagian besar, yaitu Konsep tentang Media Literacy dari sudut pandang kearifan lokal masyarakat Indonesia dan Aplikasi dari Media Literacy dari sudut pandang kearifan lokal masyarakat Indonesia. Bagian pertama Konsep tentang media literacy dibahas pada bab1, 2, dan 3, meliputi: Memahami Literasi Media (Perspektif Teoritis) yang ditulis oleh Dr. Turnomo Rahardjo, M.Si.; Perspektif Budaya dalam Literasi Media ditulis oleh Mario Antonius Birowo, Ph.D.; Kearifan Lokal Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Terpaan Media, ditulis oleh Rini Darmastuti, S.Sos., M.Si. Bagian kedua yang merupakan aplikasi dari media literacy dari sudut pandang kearifan lokal masyarakat Indonesia terdiri dari delapan bab meliputi: Literasi Media Cetak: Mencetak Sensasionalisme Koran dengan Segmentasi Menengah Kebawah ditulis oleh Dewi Kartika Sari, S.Sos.; Literasi Media Radio dalam Perspektif Lokal ditulis oleh M. Najib Husain, S.sos., M.Si.; Literasi Media dan Dominasi Maskulin di Televisi ditulis oleh Dr. Sunarto; Literasi Media Baru Berbasis Lokal Wisdom Jawa ditulis oleh Sri Hastjarjo, S.sos., Ph.D.; Kesenjangan Digital dan Literasi Media Baru di tulis oleh Tomi Febriyanto, S.Sos.; Literasi Media Film, "Lokalitas Film Indonesia: Mengintip Indonesia dari Pelosok" ditulis oleh Herfriady, S.Sos.; Literasi Media dalam Video Game ditulis oleh Fajar Junaedi, S.Sos., M.Si.; Literasi Iklan: Mengembalikan Kesadaran dan Kecerdasan Khalayak yang ditulis oleh Drs. Setio Budi HH, M.Si. //Ira