Dalam konteks organization development terdapat enam dimensi organisasi (Six Dimensions Organization) yang diperkenalkan oleh Weisbord (1978). Konsep inilah yang penulis bahas dan persembahkan kepada pembaca dengan maksud memberikan kontribusi yang signifikan dalam membangun efektivitas, efisiensi, dan produktivitas pengelolaan sebuah organisasi. Buku ini memberikan uraian enam dimensi vital yang harus dikelola dengan baik oleh pimpinan organisasi di setiap lini atau jajaran organisasi, yaitu : 1) Dimensi Tujuan atau Visi dan misi organisasi dengan segala hal yang diperlukan untuk membuat setiap orang di dalam organisasi paham dan ikut bertanggung jawab untuk mencapainya; 2) Dimensi Struktur dengan segala hal yang diperlukan untuk membuat struktur tersebut dipahami oleh seluruh jajaran organisasi, untuk memudahkan pencapaian tujuan organisasi; 3) Dimensi Mekanisme Penunjang dengan segala hal yang diperlukan untuk membuat mekanisme ini berjalan dengan baik guna mendorong pencapaian tujuan organisasi; 4) Dimensi Sistem Ganjaran dengan segala hal yang diperlukan untuk membuat setiap individu dalam organisasi bisa bekerja dengan penuh gairah; 5) Dimensi Hubungan Antarmanusia (komunikasi) dengan segala hal yang diperlukan untuk membuat sistem komunikasi di dalam organisasi berjalan secara efektif, efisien, dan produktif tanpa konflik-konflik yang merugikan organisasi; 6) Dimensi Kepemimpinan dalam organisasi, yang bertanggung jawab mengelola keseimbangan kelima dimensi sebelumnya, agar organisasi bisa dikelola secara efektif, efisien dan produktif.//yn