Iklan Layanan Masyarakat (ILM) merupakan proses penyampaian informasi, yang bersifat persuasif atau mendidik khalayak melalui media periklanan agar bertambah pengetahuannya, kesadaran sikap dan perubahan perilaku masyarakat terhadap masalah yang disampaikan, serta mendapatkan citra yang baik. Iklan Layanan Masyarakat muncul didasari oleh kondisi negara/masyarakat yang dilanda suatu permasalahan sosial, sehingga pesan-pesan yang ditampilkan kebanyakan bersifat sosial. Pembahasan dalam buku meliputi Pengertian Reklame, Iklan, Propaganda, dan Iklan Layanan Masyarakat; Iklan Layanan Masyarakat : Propaganda Masa Penjajahan Belanda Hingga Masa Reformasi di Indonesia; Iklan Layanan Masyarakat (ILM): Propaganda Mancanegara; Komunikasi Iklan Layanan Masyarakat; Estetika Desain Iklan Layanan Masyarakat; Elemen Desain Iklan Layanan Masyarakat; Simbol Warna Pada Iklan Layanan Masyarakat dan Propaganda; Kreativitas Dalam Iklan Lanan Masyarakat; Budaya Kreatif "Holopis Kuntul Baris" Pada Iklan Layanan Masyarakat; Kelompok Media Periklanan; Penekanan Pesan Pada Iklan Layanan Masyarakat. //yn