Buku dengan judul "Psikologi Pendidikan, Buku 2 judul asli Educational Psychology" ini menjelaskan topik psikologi, khususnya pada anak sebagai objek pendidikan. Pembahasan mengacu pada proses yang terjadi dalam perkembangan mereka di mana dibutuhkan peran pendidikan agar setiap tahap perkembangan dapat dimaksimalkan. Penekanan ditekankan pada pendekatan pembelajaran terhadap setiap individu sesuai latar belakang yang dimiliki. Dalam setiap bab, terdapat tujuan pembelajaran yang menjadi acuan pencapaian pembaca dalam mempelajari topik. Selai itu terdapat catatan pinggir sebagai sorotan pada kalimat yang menjadi perhatian. Terdapat juga daftar istilah penting dan contoh soal untuk melatih pemahaman pembaca akan pembahasan. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi: Proses Kognitif Kompleks; Pendekatan Konstruktivis Sosial; Pembelajaran dan Kemampuan Kognitif di Wilayah Konten; Perencanaan, Instruksi, dan Teknologi; Motivasi, Pengajaran, dan Pembelajaran; Mengelola Kelas; Tes dan Pengajaran Terstandarisasi; Penilaian dan Peringkat Kelas. //ir