Buku dengan judul "Matriks & Skenario dalam Strategi" ini menjelaskan secara detail berbagai -belum semua- alat analisis yang khas ditemukan dalam berstrategi, yang lazim digunakan oleh eksekutif dalam membantu mendesain dan mengimplementasikan keputusan. Posisi alat analisis dalam buku ini ditempatkan tepat sebagai alat bantu. Alat analisis tidak hendak memiliki kemungkinan sepenuhnya menggantikan peran manajerĀ sebagai manusia otonom yang dengan intuisi memiliki keleluasaan menjadikan pendapat (judgmrnt) sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan. Oleh karena itu buku ini bukan merupakan buku teks utama. Buku ini berperan sebagai buku pembantu yang dapat membumikan strategi. Buku ini secara sederhana hanya menyajikan satu jenis alat analisis, yakni Matriks 2x2. Jika dibuat rinci, buku ini menyajikan 4 varian matriks SWOT dari yang paling sederhana sampai yang kompleks, 3 macam matriks portofolio bisnis dengan didampingi oleh matriks lain yang serupa, 2 jenis matriks korporat, dan skenario. Dua varian alat analisis yang disebut terakhir belum banyak dijumpai dalam buku strategi dan juga masih jarang dimanfaatkan oleh eksekutif Indonesia. Buku ini disamping memuat uraian kerangka teori dan konsep, hampir disetiap babnya dijelaskan asal usul contoh penerapan, dan kritik yang ditujukan pada masing-masing alat analisis. Penulis berharap buku ini memberikan banyak manfaat. //ir