Buku

Ki Hadjar Dewantara dan Taman Siswa Dalam Sejarah Indonesia Modern

Abstraksi
Buku ini membeberkan peranan tokoh pendidik Ki Hadjar Dewantara dan perkembangan Taman Siswanya. Penulis menggali nilai-nilai perjuangan serta karya Ki Hadjar Dewantara bersama kawan-kawannya. Selain itu ia merefleksikan nilai-nilai pendidikan sejarah masa lampau, sekaligus menimbang relevansinya untuk masa kini dan akan datang. Sejarah Taman Siswa membuktikan bahwa pendidikan memainkan peranan integral yang penting dalam pergerakan kebangsaan menuju kemerdekaan. Melalui pranata pendidikan, Ki Hadjar Dewantara dan kawan-kawannya berusaha merumuskan bentuk tandingan terhadap politik pengajaran Hindia Belanda. Dengan jalan demikian ia menegaskan identitas bangsa dalam masyarakat kolonial, selanjutnya ia merintis usaha untuk mewujudkan identitas tersebut. Ia ingin mengukuhkan kedudukan dan peranan pranata pendidikan Taman Siswa dalam budaya politik Indonesia hingga masa kemerdekaan. //yn
Seri
Catatan
Hibah dari JICA, buku diterima tanggal 10-11-2015, jumlah 1 eksemplar.
Buku ini telah disiangi sejak September 2023
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000013508 12-8549-1 G Ada
No Pengarang Jabatan
1 Adurrachman Surjomihardjo Penulis
No Subyek
1 BIOGRAFI PENDIDIK
No Kata Kunci
1 KI HADJAR DEWANTARA, TAMAN SISWA, SEJARAH, SEJARAH INDONESIA MODER, BIOGRAFI PENDIDIK
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisUmum
PenerbitSinar Harapan
Kota TerbitJakarta
Tahun1986
Call Number923.7 ADU k
Kolasi254 hlm.; 14.5x20 cm.
Edisi-
BibliografiAda
Halaman213
IndeksAda
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali