Buku Panduan Praktis 3D Studio MAX, Design 2009 Untuk Pemodelan 3 Dimensi ini akan membahas pemanfaatan aplikasi 3ds max Design 2009 untuk membuat objek 3D Modeling. Materi yang akan diulas mulai pengenalan aplikasi 3ds Max design, teknik dasar menggambar objek 3D dan 3D, editing objek, teknik pencahayaan, hingga teknik membuat animasi objek 3 dimensi. Agar lebih memudahkan memahami materi yang disajikan, buku ini dibagi menjadi tujuh bab dan semuanya dilengkapi dengan ilustrasi. Bab 1 Pengenalan 3ds Max Design 2009, merupakan pengantar yang akan menjelaskan latar belakang singkat tentang 3ds Max Design 2009, meliputi kebutuhan sistem, instalasi, penggunaan 3ds Max Design, pembahasan tentang interface 3ds Max Design, mengenal viewport, command panel, dan teknik membuat 2D shape. Bab 2 Menggambar Objek 3D, berisi tentang materi dasar pembuatan objek 3 dimensi, yaitu membuat objek 3D Primitive, objek extended primitives, dan cara-cara dalam memilih objek 3ds max Design dengan beberapa metode. Bab 3 Perintah Transform, menjelaskan tentang teknik transformasi objek, materi yang diulas diantaranya penggunaan perintah clone, mirror, array, teknik menggunakan objek modifier, dan penggunaan compound objects. Bab 4 Teknik Pencahayaan, disini Anda akan belajar untuk menggunakan teknik pencahayaan pada objek 3D yang Anda buat. Teknik yang diulas antara lain teknik pengaturan parameter cahaya, menggunakan bayangan, dan membuat efek pencahayaan di dalam ruangan. Bab 5 Camera, Material, dan Rendering, menjelaskan tentang dasar-dasar yang harus Anda pahami dalam pembuatan kamera, penggunaan material editor yang digunakan untuk mengatur setting material, langkah-langkah dalam melakukan rendering, serta pengaturan parameter sebelum menjalankan rendering. Bab 6 Teknik Penggunaan Animasi, menjelaskan teknik dasar dalam pembuatan animasi, menggunakan time slider dan time configuration, serta penerapan animasi pada objek modifier. Bab 7 Membuat Objek Realistis, pada bab ini akan mengajak Anda untuk mencoba praktekkan teknik-teknik yang telah dijelaskan sebelumnya dalam bentuk latihan membuat objek 3D, yaitu pembuatan ruang beserta perabotnya. //yn