Buku

Media Komunikasi dan Dampaknya Terhadap Kebudayaan: Analisis Atas Pandangan Herbert Marshall McLuhan

Abstraksi
Buku dengan judul "Media Komunikasi dan Dampaknya Terhadap Kebudayaan: Analisis Atas Pandangan Herbert Marshall McLuhan" ini merupakan tesis yang dibukukan. Buku ini terdiri dari enam bab pembahasan. Bab kesatu akan menjelaskan tentang riwayat hidup dan ringkasan pemikiran McLuhan. Dalam bab kedua, dipaparkan serta dirangkuman pandangan McLuhan tentang penemuan tipografis dan proyek manusia dalam menciptakan manusia tipografis. Bab ketiga berupa paparan dan rangkuman hasil analisis McLuhan tentang dampak media terhadap manusia dan kebudayaannya: dampak media cetak dan dampak media elektronis yang revolusioner. Selain itu bab ini juga mengetengahkan beberapa aforisme dari McLuhan yang memuat tesisnya seperti media adalah pesan, kampung global, media panas dan media dingin serta sinestesia ruang akustik dengan ruang visual sebagai ruang dengar-raba/sentuh. Pada bab keempat diisi dengan beberapa tulisan mengenai pandangan McLuhan baik berupa tanggapan, kritik, maupun perbandingannya dengan pandangan pemikir lain yang akan dipakai untuk bahan diskusi. Bab lima akan menguraikan beberapa alternatif jawaban atas pertanyaan bagaimana manusia akan memandang diri dan dunianya pada era elektronik. Sedangkan bab terakhir (enam) dipaparkan tentang simpulan akhir. //ir
Seri
Catatan
Buku sumbangan dari Firdaus Persada putra mahasiswa PS. Manaprodsi tahun 2015 sebanyak satu eksemplar.
KATA KUNCI: MEDIA KOMUNIKASI, KEBUDAYAAN, PANDANGAN HERBERT MARSHALL MCLUHAN
ISBN978-602-9137-66-8
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000013939 12-8654-1 C Ada
No Pengarang Jabatan
1 Margawati van Eymeren Penulis
No Subyek
1 MEDIA KOMUNIKASI
No Kata Kunci
-- data tidak ditemukan --
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisUmum
PenerbitPusat Kajian Filsafat dan Pancasila
Kota TerbitJakarta
Tahun2014
Call Number302.23 MAR m
Kolasixvi+176 hlm.; 14x20,5 cm.; illus.
Edisi
BibliografiAda
Halaman165
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali