Bagian produksi dalam suatu organisasi bisnis memegang peran penting dalam usaha mempengaruhi suatu organisasi. Bagian produksi sering dilihat sebagai salah satu fungsi manajemen yang menentukan penciptaan produk serta turut mempengaruhi peningkatan dan penurunan penjualan. Artinya produk yang diproduksi harus selalu mengikuti standar pasar yang diinginkan, bukan diproduksi atas dasar mengejar target semata. Kajian manajemen produksi tidak bisa dilepaskan dari segi pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dalam buku ini penulis menempatkan dua sisi pendekatan ini dengan tujuan agar para pembaca lebih representatif dalam memahaminya. Topik yang dibahas dalam buku ini meliputi: Manajemen Produksi; Perencanaan Produksi; Research and Development; Lokasi Produksi; Mutu dan International Standardization Organization (ISO); Break Event Point, Total Cost dan Total Revenue Analysis; Produktivitas; Analisis Penyusutan; Manajemen Persediaan; Economical Order Quantity (EOQ), Safety Stock dan Recorder Point; Analisis Jalur Kritis; Risiko Operasional; Analisis Peramalan; Pengawasan dalam Produksi; dan Fraud pada Produksi. //ir