Sektor jasa (industri tersier) mengalami peningkatan yang dramatis, dikenal sebagai great leap forward atau kemajuan yang luar biasa di dalam dunia jasa. Jasa telah menyumbang 60% di Eropa, sementara di Indonesia hampir mencapai 30%. Kontribusi ini dapat dilihat dari segi income dan kemampuannya menyerap supply tenaga kerja. Buku ini membahas tentang dinamika bisnis jasa dan pentingnya bisnis jasa, pemasaran jasa dan pemasaran relasional, perumusan misi perusahaan jasa, segmentasi dan targeting pasar jasa, positioning dan diferensiasi produk jasa, bauran pemasaran (marketing mix) jasa, strategi produk dan distribusi jasa, strategi penetapan harga jasa, strategi promosi jasa, strategi sumber daya manusia dalam pemasaran jasa, manajemen kualitas jasa, kepuasan pelanggan dan implikasinya terhadap perilaku purna penggunaan jasa, pengorganisasian dan implementasi pemasaran jasa dalam konteks e-business; contoh kasus-kasus bisnis melalui internet maupun konvensional di Indonesia. Buku ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam mencermati dan menganalisis praktik pemasaran jasa. //ir