Pendekatan buku ini menekankan pada tinjauan teori dan sintesis penelitian. Tujuan dari setiap bab adalah untuk memberikan kepada pembaca tinjauan atas penelitian, teori, dan temuan untuk topik itu. Buku ini terbagi kedalam enam bagian. Bagian pertama berisi bab-bab yang membahas latar belakang teoritis, sejarah, struktur, dan keragaman bidang ini. Bagian kedua berkonsentrasi pada pesan-pesan yang dominan dalam studi komunikasi politik, mulai dari model retorika klasik sampai iklan politik dan debat. Bagian ketiga berfokus pada liputan media berita tentang politik, isu-isu politik, dan lembaga-lembaga politik. Bagian empat menekankan opini publik dan khalayak komunikasi politik. Bagian kelima menawarkan perspektif internasional tentang komunikasi politik, dengan memasukkan pendekatan Eropa dan Asia. Bagian enam atau terakhir memberikan kesempatan untuk melihat saluran terbaru dalam studi komunikasi politik yakni internet, dan perannya dalam mengubah wajah komunikasi politik. //ir