Buku ini merupakan hasil kajian dan perenungan kedua penulis tentang eligibilitas suatu penelitian tindakan untuk digunakan dalam pendidikan, baik pada jenjang pendidikan sarjana, magister, maupun doktor. Buku ini terdiri dari delapan bab pembahasan. Bab pertama "Memahami Penelitian Tindakan", menjelaskan pro-kontra seputar eligibilitas penelitian tindakan untuk diterapkan pada semua jenjang pendidikan mulai dari jenjang sarjana hingga doktor. Bab kedua membahas tentang jenis penelitian tindakan. Bab ketiga membahas model penelitian tindakan yang mencakup model Kurt Lewin, model Kemmis dan McTaggart, model John Elliott, model Schmuck, dan model Stringer. Bab keempat dan kelima masing-masing dijelaskan identifikasi fokus area penelitian dan pencarian informasi awal. Kemudian bab kelima membahas perencanaan umum tindakan yang mencakup pengembangan perencanaan tindakan, penentuan desain penelitian tindakan, pertimbangan etis, dan mengembangkan tahapan-tahapan tindakan. Bab keenam membahas teknik pengumpulan data yang mencakup teknik pengumpulan data kuantitatif dan data kualitatif, yang diikuti dengan teknik analisis data (bab 6) dan menulis penelitian tindakan (bab 8). //ir