Buku ini disusun khusus untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Buku ini dapat sekedar menanamkan pengertian akan pentingnya membaca dalam kehidupan serta dapat membantu mereka untuk meningkatkan keterampilan para siswa dalam bidang membaca. Buku ini terbagi menjadi empat bab pembahasan, antara lain: (1) Pengajaran Membaca Berdasarkan Tujuan, meliputi tujuan pengajaran membaca, tingkat dan aplikasi tujuan, tujuan behavioral, tujuan ekspresif; (2) Membaca Pengarahan Diri, meliputi memilih buku bacaan, kecepatan membaca, mengikuti petunjuk, mengarahkan diri sendiri, memanfaatkan perpustakaan, aneka tujuan; (3) Membaca Interpretatif, meliputi maksud pengarang, fakta atau fiksi, sifat tokoh, reaksi emosional gaya bahasa, dampak cerita, dan aneka tujuan. (4) Membaca Kreatif, meliputi dramatisasi, interpretasi lisan atau musik, narasi pribadi, ekspresi tulis, ekspresi visual dan aneka tujuan. //ir