Inkubator bisnis merupakan salah satu lembaga yang berperan memajukan Start-up dan UMKM. Inkubator bisnis seperti “guru” bagi murid yaitu tenant atau Start-up dan UMKM yang masih dalam tahap awal untuk berkembang dan akhirnya diharapkan dapat established. Bebearapa inkubator bisnis bidang ICT dari berbagai pemilik (pemerintah, perguruan tinggi dan swasta) menjadi objek dalam buku ini, antara lain I2TY, RICE Inti, I2TB, LPIK, ITB, Dit PUI UGM, Binu Inkubator, Bandung Digital Valley, Ideabox, dan GEPI. Selain dari pihak inkubator bisnis juga ada beberapa tanent, yaitu Shaff Studio, Jarvis Store, Pershoenalize, Payment & Commerce, Sorot, Indonesia IT, Iwak, Pesienia, Karental dan Dealoka. Buku ini mencoba mengungkap apa saja faktor yang mempengaruhi kesuksesan inkubator bisnis bidang ICT dari sisi internal maupun eksternalnya, sehingga dapat menjadi acuan bagi pemangku Inkubator Bisnis bidang ICT dari Pemerintah, Perguruan Tinggi dan Swasta. Buku ini juga memberikan opsi mengenai apa yang sebaiknya diperlukan untuk meningkatkan kesuksesan inkubator bisnis serta menumbuhkan ekosistem yang mendukung bagi pertumbuhan UMKM dan Startup khususnya Bidang ICT. Diharapkan UMKM dan Startup Indonesia di Bidang ICT terus maju sejalan dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Indonesia yang tahun ini diinisiasi serta pemangku inkubator bisnis dapat lebih banyak lagi membina UMKM dan Startup dengan sukses.//yn