Buku

Desain Komunikasi Visual

Abstraksi
Desain komunikasi visual sebagaimana diuraikan oleh Kusrianto dalam buku Pengantar Desain Komunikasi Visual (2007) adalah suatu disiplin ilkmu yang bertujuan mempelajari konsep-konsep komunikasi serta ungkapan kreatif melalui berbagai media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan mengelola elemen-elemen grafis yang berupa bentuk dan gambar, tatanan huruf, serta komposisi warna dan layout (tata letak/perwajahan). Dengan demikian bisa diterima oleh orang atau kelompok yang menjadi sasaran penerima pesan. Kunci sukses seorang desainer komunikasi visual adalah kemampuannya untuk menyajikan informasi dan pesan visual yang komunikatif. Media visual yang dirancang ditujukan untuk mengubah mindset audience-nya melalui ungkapan kalimat/teks, gambar, warna, kompoisisi, dan simbol-simbol pada media yang dirancangnya. Kemampuan ini akan bisa dimiliki jika tekun berlatih dan mau memperluas wawasan berpikir, sehingga memberi stimulus terhadap proses kreatif yang dilakukan. Buku ini dibagi menjadi enam bab, dimana setiap babnya dilengkapi evaluasi soal latihan beserta kriteria penilaian. Bab 1 Menguraikan pengantar tentang desain komunikasi visual kepada para mahasiswa sebagai dasar pengetahuan tentang hal ikhwal desain komunikasi visual. Dimulai dari pengertian dan definisi DKV, sejarah keberadaannya, ruang lingkup prospek keahlian maupun bidang kerja yang bisa dimasuki dengan bekal ilmu ini, relasi antara DKV dan ilmu lainnya, hakikat dan teknologi yang terkait dengan DKV. Bab 2 secara khusus membahas tentang desain komunikasi visual untuk media tercetak; yang meliputi teori desain tentang unsur-unsur visual, empat prinsip-dalam desain dan prinsip dasar untuk proses cetak (metode reproduksi grafika) yang dipergunakan. Bab 3 membahas tentang tipografi yang mengupas tentang sejarah perkembangan huruf, jenis-jenis huruf dalam produk DKV. Bab 4 membahas tentang logo, baik sejarahnya, jenis-jenis logo, dan proses membuat logo. Bab 5 membahas tentang stationery kit, berupa kartu nama, amplop dan kop surat beserta fungsi dan jenis desainnya. Bab 6 membahas tentang poster yang memaparkan pengertian poster, sejarah serta jenis-jenis poster, dan acuan membuat poster.//yn
Seri
Catatan
Pembelian Tahun Anggaran 2017, buku diterima tanggal 17-11-2017, jumlah 3 eksemplar
Sumbangan mahasiswa lulus tahun 2018 sebanyak satu eksemplar.
ISBN978-602-262-336-6
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000017071 12-9616-1 F Ada
2 0000017072 12-9616-2 F Ada
3 0000017073 12-9616-3 F Ada
4 0000017226 12-9616-4 F Ada
No Pengarang Jabatan
1 Ni Nyoman Sri Witari Penulis
2 I Gusti Nyoman Widnyana Penulis
No Subyek
1 DESAIN GRAFIS
2 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
3 DESAIN VISUAL
4 SENI VISUAL
No Kata Kunci
1 DESAIN
2 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
3 KOMUNIKASI
4 VISUAL
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisUmum
PenerbitGraha Ilmu
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2014
Call Number741.6 SRI d
Kolasiviii+152 hlm.; 20,5x25,5 cm.; Cet. 1, 2014
Edisi-
BibliografiAda
Halaman151
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks4
Kembali