Dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan, instansi pemerintah wajib mengikuti kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat. Namun kebijakan-kebijakan Pemerintah Pusat selalu bersifat umum, sehingga untuk melaksanakannya instansi pemerintah harus mengembangkan Standar Operating Procedures (SOP) yang harus berbasis Sistem Pengendalian Intern Pemeriontah (SPIP). Buku ini menjelaskan metode pengembangan SOP khusus lembaga pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Secara rinci dan jelas, buku ini mengupas: Pengertian, manfaat, tujuan dan sasaran SOP; Prinsip-prinsip penyusunan, pelaksanaan, dan siklus SOP; Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP); Penilaian risiko dalam penyusunan SOP; Jenis, format, dokumen dan penetapan SOP; Langkah-langkah penyusunan SOP; Contoh penyusunan SOP.//yn