Penulis buku edisi tiga ini melakukan penyegaran materi, updating beberapa bagian, dan koreksi atas kesalahan ketik yang dijumpai pada edisi terdahulu. Secara rinci buku ini dibagi kedalam 14 bab yang mengupas topik-topik utama dalam pemasaran strategik. Buku edisi 3 ini mengulas secara komprehensif domain, determinan, dan dinamika strategi pemasaran. Sejumlah isu terkini diintegrasikan kedalam bab-bab buku ini, di antaranya: 1) pergeseran paradigma dari Goods-Dominant Logic (S-D logic); 2) perspektif baru dalam pemasaran, seperti Relationship Marketing, Marketing Enginering, Retro-Marketing, dan Postmodern Marketing; 3) brand longevity dan ilustrasi kasus-kasus branding blunders; 4) 10 teori kepuasan pelanggan (cognitive dissonance theory, contrast theory, assimilation-contrast theory, adaptation-level theory, opponent-process theory, equity theory, consumer surplus, utility theory, alienation, dan communication-effect theory); 5) perspektif, riset, dan tantangan pengukuran orientasi pasar (Market Orientation = MO); 6) market metrics sebagai basis pengukuran kinerja pemasaran; 7) Consumer-Generated Media (CGM), yakni media yang diciptakan oleh konsumen bagi konsumen sendiri, seperti blog, podcasting, wiki, public message boards, social networks, dan product review sites; serta 8) Point-of-Purchase (POP) communications, yang merupakan peluang emas sekaligus kesempatan terakhir bagi produsen dan pengecer untuk mempengaruhi pilihan akhir konsumen menyangkut produk dan merek yang bakal dibeli. //ir