Buku ini membahas tentang cara mempelajari dan memahami dunia pertelevisian di Inggris. Dalam beberapa hal (seperti contoh program, fakta tentang kepemilikan), pembahasan dalam buku ini bersifat spesifik secara kultural. Meskipun demikian, pelbagai perangkat kritis yang diaplikasikan bisa digunakan untuk mengkaji kinerja sistem pertelevisian, interaksi khalayak dengan sistem televisi itu sendiri, makna yang terkandung dalam representasi, serta produk dari sistem yang berbeda. Bagian awal buku (bab 1 dan 2) mengembangkan gagasan tentang hakikat televisi secara menyeluruh dan pendekatan terhadap kajian televisi, juga memaparkan pendekatan kritis spesifik dan area-area investigasi. Bagian utama buku ini (Bab 3 s.d. 10) dipaparkan menurut bidang-bidang penting dalam kajian televisi. Bagian ini memuat pemahaman dasar tentang segitiga hubungan antara institusi, produk, dan khalayak, yang melahirkan gagasan bahwa terdapat makna tentang dunia yang dihasilkan oleh ketiga elemen tersebut, namun tidak dikontrol atau ditafsirkan secara sempurna oleh ketiganya. Pada bab 11, merefleksikan pelbagai proses ekonomi, teknologi, sosial, institusional, dan politik yang turut membentuk sejarah pertelevisian Inggris. Pelbagai proses tersebut melekat didalamnya dan membantu menjelaskan mengapa kita memiliki televisi seperti sekarang ini. Bab terakhir dari buku ini menggunakan latar belakang sejarah, serta kejadian-kejadian mutakhir, untuk melihat kemana arah perkembangan televisi dan apa yang penting terkait dengan kecenderungan tersebut.//Ira